Show simple item record

dc.contributor.authorIRMATUS ANNA HARTOYO
dc.date.accessioned2013-12-06T02:13:51Z
dc.date.available2013-12-06T02:13:51Z
dc.date.issued2013-12-06
dc.identifier.nimNIM090210204093
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5439
dc.description.abstractGuru memegang peranan penting dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Salah satu tanggung jawab guru pada kegiatan pembelajaran di sekolah yaitu keberhasilan dalam proses pembelajaran matematika. Guru bertindak sebagai komponen aktif yang sangat mempengaruhi hasil proses pendidikan. Guru sebagai tenaga pendidik hendaknya harus lebih cermat melihat aspek-aspek yang dapat meningkatkan aktivitas proses pembelajaran. Aspek-aspek tersebut misalnya dengan memilih berbagai variasi, pendekatan, strategi, model maupun metode pembelajaran yang sesuai dengan kondisi perkembangan siswa. Hal ini dapat dilakukan dengan menerapkan teori belajar Bruner guna meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) bagaimanakah hasil belajar siswa kelas III SDN Karangsari 03 Lumajang?, dan (2) bagaimanakan aktivitas belajar siswa kelas III SDN Karangsari 03 Lumajang?. Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Karangsari 03 Lumajang, dan (2) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas III SDN Karangsari 03 Lumajang. Penelitian ini dilakukan di SDN Karangsari 03 Lumajang. Subjek penelitian, yaitu kelas III tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 22 orang yang terdiri atas siswa laki-laki sebanyak 8 orang dan siswa perempuan sebanyak 14 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi: observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Observasi dilakukan sebelum dan sesudah penelitian untuk mengetahui kondisi siswa sebelum dilakukan penelitian dan melihat hasil tes akhir siswa setelah dilakukan penelitian. Wawancara digunakan untuk mengetahui tanggapan siswa setelah dilakukannya penelitian, dokumentasi memberikan data yang dibutuhkan oleh peneliti mengenai jumlah siswa dan nilai hasil ulangan siswa sebelum dilakukan penelitian dan tes digunakan untuk melihat ketuntasan hasil belajar siswa dalam penerapan teori belajar Bruner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika kelas III di SDN Karangsari 03 Lumajang dengan menerapkan teori belajar Bruner mengalami peningkatan baik secara klasikal maupun perorangan. Pada siklus I persentase aktivitas siswa sebesar 58,48% dengan kategori cukup aktif, dan meningkat di siklus II persentase 86,36% dengan kategori aktif. Hal ini dapat dilihat dari lembar observasi aktivitas siswa pada lampiran H (halaman 75). Hasil belajar siswa pada siklus I persentase ketuntasan klasikal yang dicapai sebesar 77% dan persentase yang tidak tuntas adalah 23%. Hasil belajar siswa pada siklus II persentase ketuntasan klasikal yang dicapai sebesar 95% dan persentase yang tidak tuntas adalah 5%. Jadi ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 77% menjadi 95% di siklus II (lampiran I halaman 85). Berdasarkan hasil penelitian di atas menunjukkan bahwa penerapan teori belajar Bruner dapat meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa kelas III mata pelajaran matematika materi pecahan. Bila teori belajar Bruner diterapkan dalam pembelajaran matematika, maka guru hendaknya lebih memperhatikan pengelolaan kelas dan media yang akan diberikan kepada siswa harus dapat membuat siswa tertarik, sehingga kegiatan pembelajaran dapat dilakukan dengan baik.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204093;
dc.subjectTEORI BELAJAR BRUNER UNTUK MENINGKATKAN HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR PADA MATERI PECAHANen_US
dc.titlePENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER UNTUK MENINGKATKAN HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR PADA MATERI PECAHAN SISWA KELAS III DI SDN KARANGSARI 03 LUMAJANGen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record