• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER UNTUK MENINGKATKAN HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR PADA MATERI PECAHAN SISWA KELAS III DI SDN KARANGSARI 03 LUMAJANG

    Thumbnail
    View/Open
    Irmatus Anna Hartoyo - 090210204093_1.pdf (124.7Kb)
    Date
    2013-12-06
    Author
    IRMATUS ANNA HARTOYO
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Guru memegang peranan penting dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Salah satu tanggung jawab guru pada kegiatan pembelajaran di sekolah yaitu keberhasilan dalam proses pembelajaran matematika. Guru bertindak sebagai komponen aktif yang sangat mempengaruhi hasil proses pendidikan. Guru sebagai tenaga pendidik hendaknya harus lebih cermat melihat aspek-aspek yang dapat meningkatkan aktivitas proses pembelajaran. Aspek-aspek tersebut misalnya dengan memilih berbagai variasi, pendekatan, strategi, model maupun metode pembelajaran yang sesuai dengan kondisi perkembangan siswa. Hal ini dapat dilakukan dengan menerapkan teori belajar Bruner guna meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) bagaimanakah hasil belajar siswa kelas III SDN Karangsari 03 Lumajang?, dan (2) bagaimanakan aktivitas belajar siswa kelas III SDN Karangsari 03 Lumajang?. Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Karangsari 03 Lumajang, dan (2) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas III SDN Karangsari 03 Lumajang. Penelitian ini dilakukan di SDN Karangsari 03 Lumajang. Subjek penelitian, yaitu kelas III tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 22 orang yang terdiri atas siswa laki-laki sebanyak 8 orang dan siswa perempuan sebanyak 14 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi: observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Observasi dilakukan sebelum dan sesudah penelitian untuk mengetahui kondisi siswa sebelum dilakukan penelitian dan melihat hasil tes akhir siswa setelah dilakukan penelitian. Wawancara digunakan untuk mengetahui tanggapan siswa setelah dilakukannya penelitian, dokumentasi memberikan data yang dibutuhkan oleh peneliti mengenai jumlah siswa dan nilai hasil ulangan siswa sebelum dilakukan penelitian dan tes digunakan untuk melihat ketuntasan hasil belajar siswa dalam penerapan teori belajar Bruner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika kelas III di SDN Karangsari 03 Lumajang dengan menerapkan teori belajar Bruner mengalami peningkatan baik secara klasikal maupun perorangan. Pada siklus I persentase aktivitas siswa sebesar 58,48% dengan kategori cukup aktif, dan meningkat di siklus II persentase 86,36% dengan kategori aktif. Hal ini dapat dilihat dari lembar observasi aktivitas siswa pada lampiran H (halaman 75). Hasil belajar siswa pada siklus I persentase ketuntasan klasikal yang dicapai sebesar 77% dan persentase yang tidak tuntas adalah 23%. Hasil belajar siswa pada siklus II persentase ketuntasan klasikal yang dicapai sebesar 95% dan persentase yang tidak tuntas adalah 5%. Jadi ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 77% menjadi 95% di siklus II (lampiran I halaman 85). Berdasarkan hasil penelitian di atas menunjukkan bahwa penerapan teori belajar Bruner dapat meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa kelas III mata pelajaran matematika materi pecahan. Bila teori belajar Bruner diterapkan dalam pembelajaran matematika, maka guru hendaknya lebih memperhatikan pengelolaan kelas dan media yang akan diberikan kepada siswa harus dapat membuat siswa tertarik, sehingga kegiatan pembelajaran dapat dilakukan dengan baik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5439
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository