Show simple item record

dc.contributor.authorIrine Romadhony Irianto
dc.date.accessioned2013-12-06T02:11:29Z
dc.date.available2013-12-06T02:11:29Z
dc.date.issued2013-12-06
dc.identifier.nimNIM090210204114
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5431
dc.description.abstractMembaca merupakan salah satu keterampilan yang perlu dikembangkan pada setiap peserta didik dalam tingkatan sekolah dasar. Pembelajaran keterampilan membaca bertujuan agar siswa dapat menyerap berbagai pengetahuan yang sebagian besar disampaikan melalui tulisan. Namun, kenyataannya masih banyak dijumpai siswayang kurang lancar dalam membaca serta kesulitan untuk menyimpulkan isi bacaanyang ia baca tersebut. Salah satu penyebab dari permasalahan di atas adalah karenakurang bervariasinya metode pembelajaran yang digunakan oleh guru serta kurangnyaketerlibatan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, dibutuhkan suatu metode pembelajaran yang tepat untuk mengatasi permasalahan di atas, yaitu metode Cooperative Integrated Reading and Composition Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan permasalahan dari penelitian ini: pertama, bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa kelas V SD Negeri Pilang 1 Probolinggo tahun pelajaran 2012/2013 setelah diterapkan pendekatan pembelajaran kooperatif dengan metode CIRC?. Kedua, bagimanakah peningkatan kemampuan membaca siswa kelas V SD Negeri Pilang 1 Probolinggo tahun pelajaran 2012/2013 setelah diterapkan pendekatan pembelajaran kooperatif dengan metode CIRC? Tujuan dari penelitian ini adalah pertama, untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V SD Negeri Pilang 1 Probolinggo tahun pelajaran 2012/2013 setelah diterapkan pendekatan pembelajaran kooperatif dengan metode CIRC. Kedua, untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas V SD Negeri Pilang 1 Probolinggo tahun 2012/2013 setelah diterapkan pendekatan pembelajaran kooperatif dengan metodeCIRC.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas Hasil pelaksanaan penelitian dengan menerapkan metode CIRC ini adalah sebanyak dua siklus. Siklus 1 terdiri atas dua pertemuan dan siklus 2 terdiri atas satu pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivivitas dan kemampuan membaca siswa kelas V SD Negeri Pilang 1 Probolinggo mengalami peningkatan. Pada siklus 1, prosentase aktivitas belajar siswa sebesar 67,74% mengalami peningkatan sebesar 19,35% menjadi 87,09% pada siklus 2. Kemampuan membaca siswa juga mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari perolehan hasil belajar siswa pada siklus 1 sebesar 70,96% mengalami peningkatan sebesar 16,13% menjadi 87,09% pada siklus 2.Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapaan metode CIRC dapat meningkatkan aktivitas dan kemampuan membaca siswa kelas V SD Negeri Pilang 1 Probolinggo. Saran dari penelitian ini ditunjukkan kepada guru, sekolah dan peneliti lain. Bagi guru, penerapan metode CIRC dapat dijadikan salah satu alternatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Bagi sekolah, hendaknya mendukung upaya peningkatan kualitas pembelajaran dengan penyediaan sarana dan prasarana yangmemadai. Bagi peneliti lain, apabila akan menggunakan metode CIRC hendaknya mempersiapkan segalanya dengan matang agar diperoleh hasil yang maksimal.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204114;
dc.subjectENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACAen_US
dc.titlePENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS V SD NEGERI PILANG 1 PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record