PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS V SD NEGERI PILANG 1 PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Abstract
Membaca merupakan salah satu keterampilan yang perlu dikembangkan pada
setiap peserta didik dalam tingkatan sekolah dasar. Pembelajaran keterampilan
membaca bertujuan agar siswa dapat menyerap berbagai pengetahuan yang sebagian
besar disampaikan melalui tulisan. Namun, kenyataannya masih banyak dijumpai siswayang kurang lancar dalam membaca serta kesulitan untuk menyimpulkan isi bacaanyang ia baca tersebut. Salah satu penyebab dari permasalahan di atas adalah karenakurang bervariasinya metode pembelajaran yang digunakan oleh guru serta kurangnyaketerlibatan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran. Dengan demikian,
dibutuhkan suatu metode pembelajaran yang tepat untuk mengatasi permasalahan di
atas, yaitu metode Cooperative Integrated Reading and Composition
Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan permasalahan dari
penelitian ini: pertama, bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa kelas V SD
Negeri Pilang 1 Probolinggo tahun pelajaran 2012/2013 setelah diterapkan pendekatan
pembelajaran kooperatif dengan metode CIRC?. Kedua, bagimanakah peningkatan
kemampuan membaca siswa kelas V SD Negeri Pilang 1 Probolinggo tahun pelajaran
2012/2013 setelah diterapkan pendekatan pembelajaran kooperatif dengan metode
CIRC? Tujuan dari penelitian ini adalah pertama, untuk meningkatkan aktivitas belajar
siswa kelas V SD Negeri Pilang 1 Probolinggo tahun pelajaran 2012/2013 setelah
diterapkan pendekatan pembelajaran kooperatif dengan metode CIRC. Kedua, untuk
meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas V SD Negeri Pilang 1 Probolinggo
tahun 2012/2013 setelah diterapkan pendekatan pembelajaran kooperatif dengan metodeCIRC.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas
Hasil pelaksanaan penelitian dengan menerapkan metode CIRC ini adalah
sebanyak dua siklus. Siklus 1 terdiri atas dua pertemuan dan siklus 2 terdiri atas satu
pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivivitas dan kemampuan membaca
siswa kelas V SD Negeri Pilang 1 Probolinggo mengalami peningkatan. Pada siklus 1,
prosentase aktivitas belajar siswa sebesar 67,74% mengalami peningkatan sebesar
19,35% menjadi 87,09% pada siklus 2. Kemampuan membaca siswa juga mengalami
peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari perolehan hasil belajar siswa pada siklus 1
sebesar 70,96% mengalami peningkatan sebesar 16,13% menjadi 87,09% pada siklus 2.Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapaan metode CIRC dapat
meningkatkan aktivitas dan kemampuan membaca siswa kelas V SD Negeri Pilang 1
Probolinggo. Saran dari penelitian ini ditunjukkan kepada guru, sekolah dan peneliti
lain. Bagi guru, penerapan metode CIRC dapat dijadikan salah satu alternatif untuk
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Bagi sekolah, hendaknya mendukung
upaya peningkatan kualitas pembelajaran dengan penyediaan sarana dan prasarana yangmemadai. Bagi peneliti lain, apabila akan menggunakan metode CIRC hendaknya
mempersiapkan segalanya dengan matang agar diperoleh hasil yang maksimal.