• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS V SD NEGERI PILANG 1 PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Irine Romadhony Irianto - 090210204114_1.pdf (416.7Kb)
    Date
    2013-12-06
    Author
    Irine Romadhony Irianto
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Membaca merupakan salah satu keterampilan yang perlu dikembangkan pada setiap peserta didik dalam tingkatan sekolah dasar. Pembelajaran keterampilan membaca bertujuan agar siswa dapat menyerap berbagai pengetahuan yang sebagian besar disampaikan melalui tulisan. Namun, kenyataannya masih banyak dijumpai siswayang kurang lancar dalam membaca serta kesulitan untuk menyimpulkan isi bacaanyang ia baca tersebut. Salah satu penyebab dari permasalahan di atas adalah karenakurang bervariasinya metode pembelajaran yang digunakan oleh guru serta kurangnyaketerlibatan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, dibutuhkan suatu metode pembelajaran yang tepat untuk mengatasi permasalahan di atas, yaitu metode Cooperative Integrated Reading and Composition Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan permasalahan dari penelitian ini: pertama, bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa kelas V SD Negeri Pilang 1 Probolinggo tahun pelajaran 2012/2013 setelah diterapkan pendekatan pembelajaran kooperatif dengan metode CIRC?. Kedua, bagimanakah peningkatan kemampuan membaca siswa kelas V SD Negeri Pilang 1 Probolinggo tahun pelajaran 2012/2013 setelah diterapkan pendekatan pembelajaran kooperatif dengan metode CIRC? Tujuan dari penelitian ini adalah pertama, untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V SD Negeri Pilang 1 Probolinggo tahun pelajaran 2012/2013 setelah diterapkan pendekatan pembelajaran kooperatif dengan metode CIRC. Kedua, untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas V SD Negeri Pilang 1 Probolinggo tahun 2012/2013 setelah diterapkan pendekatan pembelajaran kooperatif dengan metodeCIRC.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas Hasil pelaksanaan penelitian dengan menerapkan metode CIRC ini adalah sebanyak dua siklus. Siklus 1 terdiri atas dua pertemuan dan siklus 2 terdiri atas satu pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivivitas dan kemampuan membaca siswa kelas V SD Negeri Pilang 1 Probolinggo mengalami peningkatan. Pada siklus 1, prosentase aktivitas belajar siswa sebesar 67,74% mengalami peningkatan sebesar 19,35% menjadi 87,09% pada siklus 2. Kemampuan membaca siswa juga mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari perolehan hasil belajar siswa pada siklus 1 sebesar 70,96% mengalami peningkatan sebesar 16,13% menjadi 87,09% pada siklus 2.Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapaan metode CIRC dapat meningkatkan aktivitas dan kemampuan membaca siswa kelas V SD Negeri Pilang 1 Probolinggo. Saran dari penelitian ini ditunjukkan kepada guru, sekolah dan peneliti lain. Bagi guru, penerapan metode CIRC dapat dijadikan salah satu alternatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Bagi sekolah, hendaknya mendukung upaya peningkatan kualitas pembelajaran dengan penyediaan sarana dan prasarana yangmemadai. Bagi peneliti lain, apabila akan menggunakan metode CIRC hendaknya mempersiapkan segalanya dengan matang agar diperoleh hasil yang maksimal.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5431
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository