• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH KUALITAS PELAYANAN JASA PENDIDIKAN TERHADAP KEPUASAN SISWA SMA UNGGULAN HAF-SA ZAINUL HASAN GENGGONG KECAMATAN PAJARAKAN KABUPATEN PROBOLINGGO TAHUN AJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Indrati Rahma Dewi_1.pdf (6.351Mb)
    Date
    2013-12-06
    Author
    Indrati Rahma Dewi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Jasa pendidikan memegang peranan yang sangat penting dalam proses meningkatkan kualitas SDM. Keberhasilan jasa pendidikan ditentukan dalam memberikan pelayanan yang berkualitas kepada para pengguna jasa pendidikan tersebut (peserta didik). Jasa pendidikan merupakan jasa yang sangat kompleks karena dibutuhkan banyak tenaga kerja yang memiliki skill khusus dalam bidang pendidikan dan membutuhkan infrastruktur (peralatan) yang lengkap dan harganya cukup mahal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada-tidaknya pengaruh yang signifikan dari variabel dimensi kualitas jasa yang (keandalan, ketanggapan, jaminan, empati dan bukti langsung) terhadap kepuasan siswa SMA Unggulan Haf-Sa Zainul Hasan Genggong, selain itu juga ingin mengetahui varibel mana yang dominan diantara variabel kualitas palayanan jasa (kehandalan, daya tanggap, jaminan, Empati dan bukti fisik) terhadap kepuasan siswa SMA Unggulan Haf-Sa Zainul Hasan Genggong. Metode penentuan lokasi penelitian secara metode purposive yaitu ditentukan secara sengaja di SMA Unggulan Haf-Sa Zainul Hasan Genggong. Penentuan sampel menggunakan rumus proportional random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis inferensial. Analisis inferensial yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, dengan uji F dan uji t. vii Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel dimensi kualitas jasa secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap terhadap kepuasan siswa SMA Unggulan Haf-Sa Zainul Hasan Genggong. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan uji F, dimana F hitung lebih besar dari F yaitu (89,79>2.36) dengan taraf signifikansi 0,000 dan koefisien determinasi (R square) sebesar 0,879 atau 87,9%. Hasil análisis melalui uji t diperoleh data bahwa variabel empati (X viii tabel ) mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap kepuasan siswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai hasil uji t, yaitu X 1 (kehandalan)= 2,313, X 2 4 (daya tanggap)= 3,161, X (jaminan)= 2,407, X 4 (empati)= 4,080, X (bukti fisik)= 2,402. Selain itu juga dapat dilihat melalui sumbangan proporsi pengaruh dari masing – masing variabel bebas, yaitu Kehandalan (X 1 5 ) = 9,14%, daya tanggap (X 2 ) = 18,72%, jaminan (X)= 16,41%, empati (X 4 ) = 29,35%, bukti fisik (X 5 ) = 14,28%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5411
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository