Show simple item record

dc.contributor.authorErma Wisudiyawati
dc.date.accessioned2013-12-06T01:57:07Z
dc.date.available2013-12-06T01:57:07Z
dc.date.issued2013-12-06
dc.identifier.nimNIM070210204158
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5393
dc.description.abstractAktivitas belajar dan hasil belajar siswa yang rendah menjadi masalah yang diangkat dan ingin diselesaikan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil observasi diawal penelitian (pra-siklus), nampak dalam pembelajaran aktivitas belajar siswa yang masih rendah; siswa tidak memperhatikan penjelasan guru; siswa tidak berani bertanya dan menjawab pertanyaan; siswa jarang dibentuk dalam kelompok kecil untuk mendiskusikan masalah dan merumuskan gagasan sendiri; serta siswa kurang bersemangat dalam mengikuti pelajaran. Hasil belajar siswa yang rendah dilihat dari nilai ulangan harian pada mata pelajaran IPS, diperoleh data bahwa siswa yang tuntas belum mencapai separuh dari jumlah siswa di kelas (belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal). Faktor penyebab masalah di atas adalah pemilihan dan penerapan pendekatan pembelajaran yang kurang membangkitkan aktivitas belajar siswa. Sehingga diperlukan solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut, hal ini dapat dilakukan dengan mengimplementasikan model pembelajaran yang inovatif, salah satunya Model Cooperative Learning teknik Two Stay Two Stray (TSTS). Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan Model Cooperative Learning teknik Two Stay Two Stray (TSTS) pada mata pelajaran IPS dengan pokok bahasan Peta Lingkungan Setempat. Manfaat yang ingin diperolah, siswa diharapkan menjadi lebih aktif dalam belajar dan sebagai bahan masukan bagi tenaga pendidik dalam menentukan pendekatan pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran IPS.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204158;
dc.subjectCOOPERATIVE LEARNING, TEKNIK TWO STAY TWO STRAYen_US
dc.titleMENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN PETA LINGKUNGAN SETEMPAT DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TEKNIK TWO STAY TWO STRAY (TSTS) PADA SISWA KELAS IVB SDN MANGLI 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record