MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN PETA LINGKUNGAN SETEMPAT DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TEKNIK TWO STAY TWO STRAY (TSTS) PADA SISWA KELAS IVB SDN MANGLI 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Aktivitas belajar dan hasil belajar siswa yang rendah menjadi masalah yang
diangkat dan ingin diselesaikan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil observasi
diawal penelitian (pra-siklus), nampak dalam pembelajaran aktivitas belajar siswa
yang masih rendah; siswa tidak memperhatikan penjelasan guru; siswa tidak berani
bertanya dan menjawab pertanyaan; siswa jarang dibentuk dalam kelompok kecil
untuk mendiskusikan masalah dan merumuskan gagasan sendiri; serta siswa kurang
bersemangat dalam mengikuti pelajaran. Hasil belajar siswa yang rendah dilihat dari
nilai ulangan harian pada mata pelajaran IPS, diperoleh data bahwa siswa yang tuntas
belum mencapai separuh dari jumlah siswa di kelas (belum mencapai Kriteria
Ketuntasan Minimal).
Faktor penyebab masalah di atas adalah pemilihan dan penerapan pendekatan
pembelajaran yang kurang membangkitkan aktivitas belajar siswa. Sehingga
diperlukan solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut, hal ini dapat dilakukan
dengan mengimplementasikan model pembelajaran yang inovatif, salah satunya
Model Cooperative Learning teknik Two Stay Two Stray (TSTS). Tujuan yang ingin
dicapai adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui
penerapan Model Cooperative Learning teknik Two Stay Two Stray (TSTS) pada
mata pelajaran IPS dengan pokok bahasan Peta Lingkungan Setempat. Manfaat yang
ingin diperolah, siswa diharapkan menjadi lebih aktif dalam belajar dan sebagai
bahan masukan bagi tenaga pendidik dalam menentukan pendekatan pembelajaran
yang tepat dalam pembelajaran IPS.