PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN GERAK BENDA PADA SISWA KELAS III SDN JEMBER KIDUL 04 TAHUN 2010/2011
Abstract
Pengambilan data dilaksanakan mulai tanggal 20 Mei 2011 sampai dengan
tanggal 28 Mei 2011 Pada siklus I, untuk aktivitas siswa secara individual hanya 14
siswa yang mencapai < 65% sedangkan 33 siswa mendapatkan 65% dan tes hasil
belajar dari 47 siswa yang mengikuti tes yang tuntas sejumlah 33 siswa dan siswa
yang tidak tuntas sebanyak 14 siswa. Siklus II untuk aktivitas siswa secara individual
dari 47 siswa 37 siswa yang mencapai 65% sedangkan 10 siswa mendapatkan <
65% dan tes hasil belajar dari 47 siswa yang mengikuti tes yang tuntas sejumlah 42
siswa dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 5 siswa.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) siswa mengalami peningkatan
aktivitas terlihat pada Siklus I sebesar 70,2% dan siklus II sebesar 80,5% dari
persentase keaktifan siswa di siklus II dapat simpulkan bahwa penelitian ini telah
berhasil meningkatkan aktivitas siswa karena Kriteria klasikal, suatu kelas dinyatakan
aktif apabila telah mencapai persentase 70% dari skor maksimal 100%. (2) siswa
mengalami peningkatan hasil belajar tingkat ketuntasan belajar siswa pada siklus I
yaitu sebesar 70,2% dan siklus II sebesar 89,36%, jadi dapat disimpulkan bahwa
penelitian ini telah berhasil meningkatkan hasil belajar siswa karena seorang siswa
dikatakan tuntas belajar apabila telah mencapai skor 65 dari skor maksimal 100.
ketuntasan klasikal, suatu kelas dinyatakan tuntas apabila terdapat minimal 70% telah
mencapai ketuntasan individual 65 dari skor maksimal 100.