PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL THINK-TALK-WRITE DENGAN MEDIA GAMBAR PADA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KEGIATAN EKONOMI DI INDONESIA SISWA KELAS V SDN 7 KAJARHARJO KALIBARU BANYUWANGI
Abstract
Penerapan metode yang kurang inovatif yaitu hanya memakai metode ceramah
dan pemberian tugas serta tidak menggunakan media pada saat kegiatan belajar
mengajar mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Kurangnya aktivitas pada diri
siswa menambah suasana proses belajar mengajar semakin pasif.
Penggunaan model Think-Talk-Write dengan media gambar ini sengaja peneliti
pilih karena ingin menciptakan suasana kelas menjadi aktif dan menyenangkan serta
meningkatkan hasil belajar siswa. Model Think-Talk-Write adalah suatu model
pembelajaran yang membangun secara tepat untuk berfikir dan refleksi untuk
mengorganisasikan ide-ide serta mengetes ide tersebut sebelum menulis. Media
sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran mempunyai fungsi melancarkan jalan
menuju tercapainya tujuan pengajaran yang akan menghasilkan proses dan hasil
belajar yang lebih baik.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : (1) Bagaimanakah peningkatan
aktivitas belajar siswa dengan menerapkan model Think-Talk-Write dengan media
gambar pada siswa kelas V mata pelajaran IPS pokok bahasan Kegiatan Ekonomi Di
Indonesia di SD Negeri 7 Kajarharjo Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi
Semester Ganjil Tahun Ajaran 2011-2012?, (2) Bagaimanakah peningkatan hasil
belajar siswa dengan menerapkan model Think-Talk-Write dengan media gambar
pada siswa kelas V mata pelajaran IPS pokok bahasan Kegiatan Ekonomi Di
Indonesia di SD Negeri 7 Kajarharjo Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi
Semester Ganjil Tahun Ajaran 2011-2012?