MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI PENERAPAN STRATEGI EVERY ONE IS TEACHER HERE PADA SISWA KELAS VB SDN KARANGPRING 02 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011-2012
Abstract
Membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang dipelajari siswa
di sekolah. Keterampilan membaca diberikan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia
agar siswa mampu menelaah isi suatu wacana secara menyeluruh. Di sekolah dasar
terdapat jenis-jenis membaca yang diajarkan yaitu salah satunya adalah membaca
pemahaman. Di dalam penguasaan materi pembelajaran, membaca pemahaman
memegang peranan penting karena dapat menelaah isi dari suatu informasi yang
disampaikan secara tertulis.
Berdasarkan pengamatan awal di SDN Karangpring 02 Jember, diperoleh
permasalahan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yaitu siswa masih belum bisa
melakukan membaca pemahaman dengan baik. Untuk mengatasi permasalahan
tersebut dipilih strategi every one is teacher here sebagai alternatif pemecahan
masalah, karena strategi ini dapat meningkatkan pemahaman dan kreatifitas siswa
dalam membaca dengan cara membuat dan menjawab pertanyaan berdasarkan teks
bacaan yang dibacanya.
Berdasarkan pernyataan di atas, permasalahan yang dibahas dalam penelitian
ini adalah “a) Bagaimanakah proses penerapan strategi every one is teacher here yang
dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VB SDN
Karangpring 02 Jember tahun pelajaran 2011-2012 ? b) Bagaimanakah peningkatan
hasil belajar membaca pemahaman dengan menggunakan strategi every one is
teacher here pada siswa kelas VB SDN Karangpring 02 Jember tahun pelajaran
2011-2012 ?”. Sesuai dengan permasalahan yang ada, tujuan yang ingin dicapai
adalah a) Mendeskripsikan proses penerapan strategi every one is teacher here yang
dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VB SDN
ix
Karangpring 02 Jember tahun pelajaran 2011-2012, dan b) Meningkatkan hasil
belajar membaca pemahaman dengan menggunakan strategi every one is teacher here
pada siswa kelas VB SDN Karangpring 02 Jember tahun pelajaran 2011-2012.