dc.description.abstract | Keterampilan membaca merupakan modal utama dalam memperoleh ilmu
pengetahuan yang lainnya. Banyaknya informasi yang diperoleh melalui media cetak
dan internet yang sangat dibutuhkan oleh seluruh masyarakat membuat banyaknya orang
yang merasakan manfaat dari keterampilan membaca. Berdasarkan pengamatan awal di
SDN Banjarsengon 02 Kabupaten Jember, diperoleh beberapa permasalahan dalam
pembelajaran Bahasa Indonesia dintaranya : 1) siswa belum dapat memahami isi bacaan
yang dibacanya, dan 2) siswa belum dapat menceritakan kembali isi bacaan yang
dibacanya dengan kalimat sendiri secara runtut. Alternatif pemecahan masalah yang
diambil adalah strategi membaca KWL (Know, Want, and Learn), karena strategi KWL
melibatkan tiga langkah dasar yang menuntun siswa dalam memberikan salah satu jalan
tentang apa yang telah mereka ketahui (K), menentukan apa yang ingin mereka ketahui
(W), dan mengingat kembali apa yang mereka pelajari dari membaca (L).
Berdasarkan pernyataan di atas, permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini
adalah “a) Bagaimanakah proses penerapan strategi KWL yang dapat meningkatkan
kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas III SDN Banjarsengon 02
Kabupaten Jember tahun pelajaran 2011-2012? dan b) Bagaimanakah peningkatan hasil
belajar kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas III SDN Banjarsengon 02
Kabupaten Jember tahun pelajaran 2011-2012 setelah diterapkannya strategi KWL?”.
Sesuai dengan permasalahan yang ada, tujuan yang ingin dicapai adalah a)
Mendeskripsikan proses penerapan strategi KWL yang dapat meningkatkan kemampuan
membaca pemahaman siswa kelas III Kabupaten jember tahun pelajaran 2011-2012, dan
b) Meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III SDN Banjarsengon
ix
02 Kabupaten Jember tahun pelajaran 2011-2012 melalui proses penerapan strategi
KWL. | en_US |