dc.description.abstract | Matematika merupakan mata pelajaran yang penting bagi siswa baik secara
formal maupun secara non formal. Namun, masih banyak siswa di SDN Patrang 02
Jember khususnya kelas III B yang menganggap bahwa matematika merupakan suatu
mata pelajaran sulit. Ketika guru memberikan pertanyaan secara lisan saat proses
pembelajaran siswa juga kurang percaya diri untuk menjawab pertanyaan tersebut.
Hal ini berakibat pada rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran
matematika. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara diketahui juga bahwa
pembelajaran yang dilakukan selama ini kurang memberikan kesempatan kepada
siswa untuk terlibat aktif dalam pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut
diperlukan model pembelajaran yang membuat siswa tertarik untuk belajar, dapat
memotivasi siswa, dan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Model
pembelajaran yang diterapkan adalah model pembelajaran ARIAS (Assurance,
Relevance, Interest, Assessment, and Satisfaction).
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimanakah penerapan
model pembelajaran ARIAS pada pokok bahasan uang yang dapat meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III B SDN Patrang 02 Jember; 2) bagaimanakah
peningkatan aktivitas belajar dalam penerapan model pembelajaran ARIAS pada
pokok bahasan uang di kelas III B SDN Patrang 02 Jember; dan 3) bagaimanakah
peningkatan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan model
pembelajaran ARIAS pada pokok bahasan uang di kelas III B SDN Patrang 02
Jember. Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui bagaimanakah
penerapan model pembelajaran ARIAS pada pokok bahasan uang kelas IIIB SDN
Patrang 02 Jember yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa; 2)
untuk meningkatkan aktivitas belajar pada penerapan model pembelajaran ARIAS
pada pokok bahasan uang siswa kelas IIIB SDN Patrang 02 Jember; dan 3) untuk
meningkatkan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan model
pembelajaran ARIAS pada pokok bahasan uang kelas IIIB SDN Patrang 02 Jember.
Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Patrang 02 Kecamatan Patrang
Kabupaten Jember tahun ajaran 2012/2013 dengan subjek penelitian siswa kelas III B
SD Negeri Patrang 02 Jember, sebanyak 30 siswa. Rancangan dalam penelitian ini
adalah rancangan penelitian tindakan kelas. Variabel dalam penelitian ini yaitu model
pembelajaran ARIAS, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa. Data diperoleh
dari siswa dan guru kelas IIII B SDN Patrang 02 Jember. Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa
penerapan model pembelajaran ARIAS pada siswa kelas III B SD Negeri Patrang 02
Jember secara keseluruhan berjalan dengan baik dan lancar. Model pembelajaran
ARIAS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peningkatan aktivitas
siswa dapat diketahui dari perbandingan aktivitas siswa antara siklus I dan siklus II.
Persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 79,02% dan siklus II sebesar
84,99%, aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 5,97%. Hasil belajar
siswa juga mengalami peningkatan sebesar 23,33%, yaitu dari 70% menjadi 93,33%.
Saran peneliti berdasarkan hasil penelitian adalah: 1) bagi guru kelas,
sebaiknya berusaha sabar untuk menumbuhkan dan mempertahankan rasa percaya
diri siswa karena hal tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama dan sebaiknya
dalam melakukan proses belajar mengajar berusaha mengaitkan materi pembelajaran
dengan kehidupan sehari-hari siswa agar siswa menjadi lebih tertarik dan lebih
mudah memahami materi pembelajaran; dan 2) bagi siswa, diharapkan terus
meningkatkan dan mempertahankan kepercayaan dirinya agar tidak merasa takut atau
malu lagi ketika mengikuti pembelajaran. | en_US |