• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, AND SATISFACTION) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III B SDN PATRANG 02 JEMBER PADA POKOK BAHASAN UANG TAHUN AJARAN 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Ika Wahyu Agustina - 090210204039_1.pdf (119.7Kb)
    Date
    2013-12-06
    Author
    Ika Wahyu Agustina
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Matematika merupakan mata pelajaran yang penting bagi siswa baik secara formal maupun secara non formal. Namun, masih banyak siswa di SDN Patrang 02 Jember khususnya kelas III B yang menganggap bahwa matematika merupakan suatu mata pelajaran sulit. Ketika guru memberikan pertanyaan secara lisan saat proses pembelajaran siswa juga kurang percaya diri untuk menjawab pertanyaan tersebut. Hal ini berakibat pada rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara diketahui juga bahwa pembelajaran yang dilakukan selama ini kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat aktif dalam pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan model pembelajaran yang membuat siswa tertarik untuk belajar, dapat memotivasi siswa, dan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Model pembelajaran yang diterapkan adalah model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, and Satisfaction). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimanakah penerapan model pembelajaran ARIAS pada pokok bahasan uang yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III B SDN Patrang 02 Jember; 2) bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar dalam penerapan model pembelajaran ARIAS pada pokok bahasan uang di kelas III B SDN Patrang 02 Jember; dan 3) bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran ARIAS pada pokok bahasan uang di kelas III B SDN Patrang 02 Jember. Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui bagaimanakah penerapan model pembelajaran ARIAS pada pokok bahasan uang kelas IIIB SDN Patrang 02 Jember yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa; 2) untuk meningkatkan aktivitas belajar pada penerapan model pembelajaran ARIAS pada pokok bahasan uang siswa kelas IIIB SDN Patrang 02 Jember; dan 3) untuk meningkatkan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran ARIAS pada pokok bahasan uang kelas IIIB SDN Patrang 02 Jember. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Patrang 02 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember tahun ajaran 2012/2013 dengan subjek penelitian siswa kelas III B SD Negeri Patrang 02 Jember, sebanyak 30 siswa. Rancangan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian tindakan kelas. Variabel dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran ARIAS, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa. Data diperoleh dari siswa dan guru kelas IIII B SDN Patrang 02 Jember. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran ARIAS pada siswa kelas III B SD Negeri Patrang 02 Jember secara keseluruhan berjalan dengan baik dan lancar. Model pembelajaran ARIAS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peningkatan aktivitas siswa dapat diketahui dari perbandingan aktivitas siswa antara siklus I dan siklus II. Persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 79,02% dan siklus II sebesar 84,99%, aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 5,97%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan sebesar 23,33%, yaitu dari 70% menjadi 93,33%. Saran peneliti berdasarkan hasil penelitian adalah: 1) bagi guru kelas, sebaiknya berusaha sabar untuk menumbuhkan dan mempertahankan rasa percaya diri siswa karena hal tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama dan sebaiknya dalam melakukan proses belajar mengajar berusaha mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari siswa agar siswa menjadi lebih tertarik dan lebih mudah memahami materi pembelajaran; dan 2) bagi siswa, diharapkan terus meningkatkan dan mempertahankan kepercayaan dirinya agar tidak merasa takut atau malu lagi ketika mengikuti pembelajaran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5334
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository