PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SOFTWARE MACROMEDIA FLASH PROFESSIONAL 8 (Studi Kasus pada Siswa Kelas VIIIB SMP Darul Hikmah Mata Pelajaran IPS Terpadu Kompetensi Dasar Mengidentifikasi Berbagai Penyakit Sosial dalam Keluarga dan Masyarakat Semester Ganjil Tahun Ajaran) SKRIPSI 070210391066 PROGRAM
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan skor aktivitas belajar siswa kelas VIIIB
sebelum tindakan yaitu 52% dengan kategori tidak aktif. Setelah dilaksanakan
tindakan pada siklus I diketahui bahwa skor aktivitas belajar siswa meningkat
menjadi 69,55% yaitu pada kategori cukup aktif. Sekalipun terjadi peningkatan yang
cukup signifikan namun hasil ini belum memenuhi target peneliti, yaitu skor
denganan kategori aktif. Untuk memenuhi target tersebut dilaksanakan siklus lanjutan
yaitu siklus II sebagai upaya perbaikan dari siklus I. Pada siklus II peningkatan
aktivitas belajar siswa sangat tinggi yaitu memperoleh skor 84,5% yang berada pada
kriteria sangat aktif dan memenuhin target peneliti. Berpedoman pada hipotesis dan
hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaaan media software macromedia
flash professional 8 dapat diterapkan pada mata pelajaran IPS terpadu khususnya
kompetensi dasar mengidentifikasi berbagai penyakit sosial dalam keluarga dan
masyarakat karena media pembelajaran ini mampu meningkatkan aktivitas belajar
siswa.
Kata kunci: Aktivitas Belajar Siswa, Media Pembelajaran, Software Macromedia
Flash Professional 8, Mata Pelajaran IPS Terpadu, Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi Berbagai Penyakit Sosial Dalam Keluarga dan Masyarakat.