Show simple item record

dc.contributor.authorAGUS SUFIANA
dc.date.accessioned2013-12-06T01:11:46Z
dc.date.available2013-12-06T01:11:46Z
dc.date.issued2013-12-06
dc.identifier.nimNIM060210301081
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5308
dc.description.abstractAdanya koperasi sekolah sangat penting sekali, mengingat koperasi sekolah merupakan salah satu media pendidikan bagi para siswa untuk belajar melakukan usaha atau latihan berkoperasi, mengembangkan kemampuan berorganisasi, mendorong untuk berinovasi, dan sebagainya. Maka untuk mendukung keberlangsungan koperasi sekolah, dibutuhkan partisipasi aktif dari para siswa, namun pada saat ini peran siswa dalam koperasi sekolah masih minim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan partisipasi siswa laki-laki dan perempuan dalam koperasi sekolah dan juga untuk mengetahui perbedaan yang signifikan partisipasi siswa yang memiliki pengalaman organisasi dan yang tidak memiliki pengalaman organisasi dalam koperasi sekolah (studi kasus pada siswa kelas XI jurusan pemasaran SMK Negeri 1 Tanggul Tahun 2010/2011). Apakah ada perbedaan partisipasi antara siswa perempuan dan siswa laki-laki serta antara siswa yang memiliki pengalaman organisasi dengan siswa yang tidak memiliki pengalaman organisasi. Jenis penelitian ini adalah causal comparative dengan menggunakan pendekatan analisis deskriptif dan inferensial dengan menggunakan metode pengumpulan data yang meliputi observasi, angket, dokumentasi dan wawancara. Jumlah responden adalah 114 siswa yang pengambilannya menggunakan populasi sedangkan analisis data menggunakan uji normalitas dan uji-t. Hasil uji normalitas vii menunjukkan bahwa distribusi nilai partisipasi siswa dalam koperasi sekolah adalah normal, dimana nilai Asym. Sig adalah 0,476 jadi probabilitas (Sig.) 0,476 > 0,05. Hasil penelitian manunjukkan bahwa hipotesis pertama yang berbunyi “diduga ada perbedaan yang signifikan antara partisipasi dalam berkoperasi siswa laki-laki dan perempuan di sekolah” terbukti, dimana t hit > t yaitu 7,061 > 1,982 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi ada perbedaan yang signifikan antara partisipasi siswa laki-laki dan siswa perempuan dalam koperasi di sekolah. Hal tersebut juga bisa dilihat dari skor rata-rata partisipasinya, dimana tingkat skor ratarata partisipasi siswa laki-laki lebih tinggi dibandingkan dengan siswa perempuan M tab (rata-rata partisipasi siswa laki-laki) > M (rata-rata partisipasi siswa perempuan) yaitu 34,48 > 29,05. Untuk hipotesis kedua yang berbunyi “diduga ada perbedaan yang signifikan antara partisipasi dalam berkoperasi siswa yang memiliki pengalaman organisasi dan yang tidak memiliki pengalaman organisasi di sekolah” terbukti, dimana t hit > t tab Y yaitu 2,142 > 1,982 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi ada perbedaan yang signifikan antara partisipasi siswa yang memiliki pengalaman organisasi dan yang tidak memiliki pengalaman organisasi dalam koperasi di sekolah. Hal tersebut juga bisa dilihat dari skor rata-rata partisipasinya, dimana M (rata-rata partisipasi siswa yang memiliki pengalaman organisasi) > M (rata-rata partisipasi siswa yang tidak memiliki pengalaman organisasi) yaitu 32,06 > 30,08. Hal ini berarti ada perbedaan partisipasi siswa dalam koperasi sekolah ditinjau dari jenis kelamin dan pengalaman organisasi. Dilihat dari nilai rata-rata partisipasi siswa yaitu sebesar 30,55 yang terletak pada kelas 29 – 31 sedang, maka dapat dikatakan bahwa secara keseluruhan partisipasi siswa dalam koperasi sekolah berada pada kriteria sedang.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210301081;
dc.subjectJenis Kelamin dan Pengalaman Organisasi (Studi Kasus pada Siswa Kelas XI Jurusan Pemasaran SMK Negeri 1 Tanggulen_US
dc.titlePERBEDAAN PARTISIPASI SISWA DALAM KOPERASI SEKOLAH DITINJAU DARI JENIS KELAMIN DAN PENGALAMAN ORGANISASI (STUDI KASUS PADA SISWA KELAS XI JURUSAN PEMASARAN SMK NEGERI 1 TANGGUL TAHUN 2010/2011)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record