PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BANNER DAN METODE DISKUSI UNTUK PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SDN KARANGDORO 02 BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2010/2011 (POKOK BAHASAN PERJUANGAN PARA TOKOH PEJUANG PADA MASA PENJAJAHAN BELANDA)
Abstract
Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif
kuantitatif dalam bentuk prosentase. Hasil analisis tersebut menggambarkan
meningkatnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan
menggunakan media gambar banner pada pokok bahasan perjuangan para tokoh pejuang
pada masa penjajahan Belanda.
Hasil yang dapat dicapai yaitu: dari hasil tes didapatkan ketuntasan hasil
belajar siswa secara klasikal sebesar 77%; aktivitas siswa sebesar 81,8% dengan kriteria
sangat aktif, selama proses belajar mengajar siswa cenderung aktif dan antusias yaitu
siswa terlihat senang karena penggunaan media gambar banner dan metode diskusi yang
dapat memberikan suasana pembelajaran yang menyenangkan; dari hasil wawancara
diketahui bahwa guru kelas V merespon positif penggunaan media gambar banner dan
metode diskusi dalam pembelajaran IPS; hasil tes formatif pada Siklus I masih dibawah
target yang telah ditentukan. Hal ini terlihat dari ketuntasan belajar secara klasikal
mencapai 45% yang seharusnya 75%. Sedangkan hasil pada tes formatif Siklus II
mengalami peningkatan yaitu mencapai 81%. Pada Siklus II tersebut dikatakan tuntas
karena telah mencapai ketuntasan secara klasikal SDN Karangdoro 02 Banyuwangi yaitu
sebesar 75%.
Penggunaan Media Gambar Banner dan Metode Diskusi Untuk Peningkatan
Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V SDN Karangdoro 02 Banyuwangi
Tahun Ajaran 2010 / 2011 (Pokok Bahasan Perjuangan Para Tokoh Pejuang Pada Masa
Penjajahan Belanda) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan prosentase
peningkatan sebesar 19 % dari siklus I ke siklus II.