Show simple item record

dc.contributor.authorHendi AgusDianto
dc.date.accessioned2013-12-06T01:08:14Z
dc.date.available2013-12-06T01:08:14Z
dc.date.issued2013-12-06
dc.identifier.nimNIM090210204119
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5301
dc.description.abstractIlmu pengetahuan sosial merupakan mata pelajaran yang materinya sangat dekat dengan lingkungan kehidupan siswa. Seharusnya materi dalam mata pelajaran tersebut mudah dipahami siswa. Penerapan berbagai metode pembelajaran dapat memudahkan siswa untuk memahami materi pelajaran IPS, salah satunya adalah metode role playing. Penerapan metode role playing dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Jika aktivitas belajar siswa meningkat, maka akan berpengaruh pada meningkatnya hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas ix Jember. Subjek penelitian adalah siswa kelas VA dengan jumlah siswa sebanyak 51 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode role playing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS pokok bahasan perjuangan para tokoh menuju kemerdekaan. Aktivitas belajar siswa pada prasiklus sebesar 38,72%. Pada siklus I, persentase aktivitas belajar siswa sebesar 78% dan tergolong kategori cukup aktif. Sehingga mengalami peningkatan sebesar 39,28%. Persentase aktivitas belajar siswa meningkat pada siklus II menjadi 88% dengan kategori aktif. Jadi mengalami peningkatan sebesar 10% dari siklus I ke siklus II. Pada prasiklus, persentase hasil belajar siswa sebesar 39%. Kemudian, pada siklus I secara klasikal sebesar 84% dan tergolong baik, sehingga mengalami peningkatan sebesar 45%. Pada siklus II, persentase hasil belajar siswa secara klasikal sebesar 92% dan tergolong dalam kategori baik sekali. Sehingga dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan sebesar 8%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan metode role playing dalam pembelajaran IPS pokok bahasan perjuangan para tokoh menuju kemerdekaan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VA SDN Ajung 01 Jember. Saran dari peneliti bagi guru SD adalah hendaknya dapat memanfaatkan metode role playing sebagai salah satu alternatif metode pembelajaran baik pada mata pelajaran IPS maupun mata pelajaran yang lain jika memungkinkan, karena penerapan metode role playing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Bagi peneliti lain, penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan untuk mengadakan penelitian sejenis yang nantinya diharapkan peneliti lain mampu memperbaiki dan melengkapi kekurangan yang terdapat dalam penelitian ini.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204119;
dc.subjectMETODE ROLE PLAYING DALAM PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PERJUANGAN PARA TOKOH MENUJU KEMERDEKAANen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VA MELALUI METODE ROLE PLAYING DALAM PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PERJUANGAN PARA TOKOH MENUJU KEMERDEKAAN DI SDN AJUNG 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record