PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VA MELALUI METODE ROLE PLAYING DALAM PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PERJUANGAN PARA TOKOH MENUJU KEMERDEKAAN DI SDN AJUNG 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Abstract
Ilmu pengetahuan sosial merupakan mata pelajaran yang materinya sangat
dekat dengan lingkungan kehidupan siswa. Seharusnya materi dalam mata
pelajaran tersebut mudah dipahami siswa. Penerapan berbagai metode
pembelajaran dapat memudahkan siswa untuk memahami materi pelajaran IPS,
salah satunya adalah metode role playing. Penerapan metode role playing dapat
meningkatkan aktivitas belajar siswa. Jika aktivitas belajar siswa meningkat, maka
akan berpengaruh pada meningkatnya hasil belajar siswa. Rumusan masalah
dalam penelitian ini adalah
Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas
ix
Jember. Subjek penelitian adalah siswa kelas VA dengan jumlah siswa sebanyak
51 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi,
wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis
deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode role playing dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS pokok
bahasan perjuangan para tokoh menuju kemerdekaan. Aktivitas belajar siswa pada
prasiklus sebesar 38,72%. Pada siklus I, persentase aktivitas belajar siswa sebesar
78% dan tergolong kategori cukup aktif. Sehingga mengalami peningkatan
sebesar 39,28%. Persentase aktivitas belajar siswa meningkat pada siklus II
menjadi 88% dengan kategori aktif. Jadi mengalami peningkatan sebesar 10%
dari siklus I ke siklus II. Pada prasiklus, persentase hasil belajar siswa sebesar
39%. Kemudian, pada siklus I secara klasikal sebesar 84% dan tergolong baik,
sehingga mengalami peningkatan sebesar 45%. Pada siklus II, persentase hasil
belajar siswa secara klasikal sebesar 92% dan tergolong dalam kategori baik
sekali. Sehingga dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan sebesar 8%.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran melalui penerapan metode role playing dalam pembelajaran IPS
pokok bahasan perjuangan para tokoh menuju kemerdekaan dapat meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VA SDN Ajung 01 Jember.
Saran dari peneliti bagi guru SD adalah hendaknya dapat memanfaatkan
metode role playing sebagai salah satu alternatif metode pembelajaran baik pada
mata pelajaran IPS maupun mata pelajaran yang lain jika memungkinkan, karena
penerapan metode role playing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
siswa. Bagi peneliti lain, penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan untuk
mengadakan penelitian sejenis yang nantinya diharapkan peneliti lain mampu
memperbaiki dan melengkapi kekurangan yang terdapat dalam penelitian ini.