PENGUKURAN PERSONAL SELLING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI NIAT MEMBELI YAMAHA MIO DI KABUPATEN JEMBER
Abstract
Aktivitas personal selling memiliki kelebihan tersendiri jika dibandingkan
dengan beberapa strategi pemasaran yang lainnya seperti periklanan. Promosi
penjualan, humas dan publisitas. Perusahaan dapat memanfaatkan pertemuan tatap
muka antara wiraniaga dengan calon pembeli. Penjelasan yang jelas dan rinci
mengenai produk dan kualitasnya akan membuat calon pembeli lebih paham dan
bisa merekam informasi tersebut dalam memorinya sehingga bisa membandingkan
dengan produk serupa yang pernah mereka ketahui. Berdasarkan hal tersebut akan
muncul keingintahuan yang besar serta harapan akan adanya kepuasan jika
memiliki produk yang ditawarkan dan berlanjut kepada niat untuk membeli produk
tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis
pengaruh personal selling terhadap niat pembelian Yamaha Mio secara langsung.
Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh personal selling terhadap keputusan
pembelian Yamaha Mio secara langsung. Untuk mengetahui dan menganalisis
pengaruh niat membeli terhadap keputusan pembelian Yamaha Mio secara
langsung.
Populasi pada penelitian ini adalah konsumen Yamaha Mio PT.Central
Yamaha Jember. Sampel yang dalam penelitian ini adalah konsumen Yamaha Mio
PT. Central Yamaha Jember sebelum bulan Mei 2011. Sampel terpilih sebanyak
70 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis jalur.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa personal selling berpengaruh
signifikan terhadap niat membeli Yamaha Mio di Wilayah Jember. Hal itu
viii
berdasarkan hasil pengujian koefisien jalur yang menunjukkan bahwa hipotesis
pertama yang menyatakan bahwa personal selling berpengaruh signifikan
terhadap niat membeli terbukti. Personal selling berpengaruh signfikan terhadap
keputusan pembelian Yamaha Mio di Wilayah Jember. Hal ini berdasarkan hasil
pengujian koefisien jalur yang menunjukkan bahwa hipotesis kedua yang
menyatakan bahwa personal selling berpengaruh signifikan terhadap keputusan
pembelian terbukti. Niat membeli berpengaruh signifikan terhadap keputusan
pembelian Yamaha Mio di Wilayah Jember. Hal itu berdasarkan hasil pengujian
koefisien jalur yang menunjukkan bahwa hipotesis ketiga yang menyatakan
bahwa niat membeli berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian
terbukti.
Kesimpulan penelitian ini adalah personal selling berpengaruh signifikan
terhadap niat membeli Yamaha Mio di Wilayah Jember. Personal selling
berpengaruh signfikan terhadap keputusan pembelian Yamaha Mio di Wilayah
Jember. Niat membeli berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian
Yamaha Mio di Wilayah Jember.
ix