UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BAGI SISWA KELAS IV DI SDN JEMBER KIDUL 04 KABUPATEN JEMBER 2010/2011
Abstract
Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah terjadinya
peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV B
SDN Jember Kidul 04 Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember tahun ajaran
2010/2011.
Berdasarkan hasil penelitian tentang penerapan model Quantum Teaching
untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV B SDN Jember Kidul
04 Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember tahun ajaran 2010/2011, maka saran
yang diberikan adalah, dengan melihat adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar
siswa, maka diharapkan guru dapat menerapkan model Quantum Teaching sebagai
alternatif dalam proses pembelajaran IPA. Dan diharapkan, siswa dapat
meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada pembelajaran IPA. Serta bagi sekolah
agar lebih memeperhatikan pembelajaran yang dilakukan dikelas, dan menyediakan
media pembelajaran yang memadai yang sesuai dengan strategi pembelajaran yang
digunakan guru.
Penelitian ini juga dapat menjadi masukan bagi peneliti lain untuk penelitian
lebih lanjut dengan pokok bahasan yang tentunya berbeda.