• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM- BASED INSTRUCTION PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN SUMBER DAYA ALAM SISWA KELAS IV SDN KEMUNING LOR 04 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Lukito Hariono NIM 090210204170 (2)_1.pdf (81.84Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    Lukito Hariono
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Rendahnya nilai hasil belajar dan kurangnya aktivitas siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN Kemuning Lor 04 Jember disebabkan oleh beberapa faktor antara lain; metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih kurang bervariasi, pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sarana belajar masih kurang, dan strategi pembelajarannya tidak disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan. Oleh karena itu pemahaman terhadap konsep IPA sulit dicerna, sehingga rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA pokok bahasan sumber daya alam melalui penerapan pendekatan problem-based instruction di SDN Kemuning Lor 04 Jember. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui pendekatan problem-based instruction pada mata pelajaran IPA Kelas IV SDN Kemuning Lor 04 Tahun Ajaran 2011/2012. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Kemuning Lor 04 Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember, dimulai pada tanggal 10 Januari 2012 sampai tanggal 19 Januari 2012. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 25 anak, terdiri dari 11 laki-laki dan 14 perempuan. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa analisis jawaban siswa terhadap tes akhir siklus I, tes akhir siklus II, dan analisis aktivitas siswa selama proses pembelajaran IPA serta jawaban siswa terhadap wawancara yang dilakukan oleh peneliti. Hasil analisis aktivitas belajar IPA siswa kelas IV SDN Kemuning Lor 04 Jember selama proses pembelajaran melalui pendekatan problem-based instruction secara klasikal pada siklus I dan siklus II adalah sebesar 83,11 % dan 92,88 % yang termasuk dalam kategori sangat aktif, sedangkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Kemuning Lor 04 Jember selama proses pembelajaran melaui pendekatan problem-based instruction sangat signifikan jika dibandingkan dengan hasil belajar sebelum tindakan (prasiklus). Persentase hasil belajar yang diperoleh dari tahap prasiklus sebesar 40% menjadi 84% pada siklus I yang menunjukkan peningkatan sebesar 44%. Persentase hasil belajar pada siklus II yang diperoleh dengan memperbaiki hasil refleksi dari siklus I adalah sebesar 92% yang menunjukkan peningkatan sebesar 8%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pendekatan problem-based instruction dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas IV SDN Kemuning Lor 04 Jember tahun pelajaran 2011/2012. Dengan adanya peningkatan pada aktivitas belajar siswa, maka hasil belajar IPA siswa kelas IV pun meningkat. Berdasarkan kesimpulan tersebut, maka dapat diajukan saran yaitu pendekatan problem-based instruction dapat digunakan sebagai variasi dalam pembelajaran IPA sebagai upaya dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5244
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository