dc.description.abstract | Selama ini masih banyak dijumpai pembelajaran matematika yang
sifatnya verbal dan prosedural. Dalam pembelajaran siswa nampak pasif dan
menerima pengetahuan sesuai yang diberikan guru. Hal ini berdampak pada
lemahnya siswa dalam memahami konsep-konsep dasar matematika.
Salah satu Pembelajaran kooperatif yang menekankan pada kerjasama
kelompok adalah TGT sebagai alternative bagi guru yang diharapkan dapat
meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah (1)
Memaparkan proses pembelajaran TGT dengan pokok bahasan mengenal Nilai
tempat lebih mudah di terima oleh siswa Kelas I SDN Kaliwining 07 Rambipuji
Jember (2) Meningkatkan Kemampuan mengenal lebih dalam mengenal Nilai
tempat siswa Kelas I SDN Kaliwining 07 Rambipuji Jember.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian ini
dilaksanakan di SDN Kaliwining 07 dengan subyek penelitian siswa kelas I yang
terurai dalam dua siklus, meliputi: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.
Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara,
dokumentasi, dan tes.
siswa (
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, persentase aktivitas
p
) = 70,61% yang tergolong cukup aktif dan persentase ketuntasan
a
belajar sebesar 81,25% yang tergolong belum mencapai ketuntasan belajar secara
klasikal. Dalam hal ini persentase aktivitas belum mencapai 75% dan persentase
ketuntasan hasil belajar belum mencapai 70%, sehingga perlu dilakukan
perbaikan langkah-langkah pembelajaran pada siklus II. Pada siklus II didapat
rata-rata persentase aktivitas siswa sebesar (
p
) = 75% yang tergolong aktif dan
persentase ketuntasan belajar hasil belajar sebesar 93,75% yang tergolong telah
a
mencapai kentuntasan belajar secara klasikal.
Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif Team
Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar
siswa kelas I SDN Kaliwining 07 Rambipuji. Saran bagi guru yang mengajarkan
pelajaran Matematika di SD, hasil penelitian meningkatkan kemampuan
menentukan nilai tempat melalui pembelajaran TGT dan LKS sebaiknya dapat
dijadikan metode pembelajaran matematika pada pokok bahasan nilai tempat
selanjutnya karena telah terbukti dapat meningkatkan kemampuan Menentukan
nilai tempat . | en_US |