• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM GAMES TOURNAMENT ( TGT ) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN NILAI TEMPAT BAGI SISWA KELAS I SDN KALIWINING 07 RAMBIPUJI JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    LUDFI MIDA ARYATI - 100210274035_1.pdf (64.85Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    LUDFI MIDA ARYATI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Selama ini masih banyak dijumpai pembelajaran matematika yang sifatnya verbal dan prosedural. Dalam pembelajaran siswa nampak pasif dan menerima pengetahuan sesuai yang diberikan guru. Hal ini berdampak pada lemahnya siswa dalam memahami konsep-konsep dasar matematika. Salah satu Pembelajaran kooperatif yang menekankan pada kerjasama kelompok adalah TGT sebagai alternative bagi guru yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Memaparkan proses pembelajaran TGT dengan pokok bahasan mengenal Nilai tempat lebih mudah di terima oleh siswa Kelas I SDN Kaliwining 07 Rambipuji Jember (2) Meningkatkan Kemampuan mengenal lebih dalam mengenal Nilai tempat siswa Kelas I SDN Kaliwining 07 Rambipuji Jember. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kaliwining 07 dengan subyek penelitian siswa kelas I yang terurai dalam dua siklus, meliputi: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. siswa ( Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, persentase aktivitas p ) = 70,61% yang tergolong cukup aktif dan persentase ketuntasan a belajar sebesar 81,25% yang tergolong belum mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Dalam hal ini persentase aktivitas belum mencapai 75% dan persentase ketuntasan hasil belajar belum mencapai 70%, sehingga perlu dilakukan perbaikan langkah-langkah pembelajaran pada siklus II. Pada siklus II didapat rata-rata persentase aktivitas siswa sebesar ( p ) = 75% yang tergolong aktif dan persentase ketuntasan belajar hasil belajar sebesar 93,75% yang tergolong telah a mencapai kentuntasan belajar secara klasikal. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas I SDN Kaliwining 07 Rambipuji. Saran bagi guru yang mengajarkan pelajaran Matematika di SD, hasil penelitian meningkatkan kemampuan menentukan nilai tempat melalui pembelajaran TGT dan LKS sebaiknya dapat dijadikan metode pembelajaran matematika pada pokok bahasan nilai tempat selanjutnya karena telah terbukti dapat meningkatkan kemampuan Menentukan nilai tempat .
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5242
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository