• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KONGKRIT PADA SISWA KELAS III SDN PUJERBARU 01 BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    No Thumbnail [100%x80]
    View/Open
    Irfan Budi Suryono - 080210204047_1.pdf (327.4Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    Irfan Budi Suryono
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Keterampilan menulis sebagai salah satu dari empat keterampilan berbahasa, mempunyai peranan yang penting didalam kehidupan manusia. Dengan menulis seseorang dapat mengungkapkan pikiran dan gagasan untuk mencapai maksud dan tujuannya.Kegiatan menulis pada zaman yang semakin modern ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Untuk menghadapi perkembangan itu, masyarakat khususnya para siswa seharusnya meningkatkan kebiasaan menulis, akan tetapi, keadaan pengajaran bahasa Indonesia di sekolah selama ini diakui belum berjalan mulus, efisien, dan efektif. Hal ini dapat dilihat dan faktor kemampuan guru dan kualitas hasil belajar. Berdasarkan observasi terhadap hasil pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN Pujerbaru 01 Bondowoso kelas III tentang kemampuan menulis karangan deskripsi ditemukan kekurangan yaitu siswa kurang mampu menuangkan ide dan menuliskannya. Selain itu banyak siswa dalam menuliskan karangan menggunakan kata “lalu, dan, terus”. Mengarang pada prinsipnya adalah bercerita tentang sesuatu yang ada dalam pikiran atau khayalan seseorang, penceritaan itu dapat dituangkan dalam bentuk lisan maupun tulisan. Salah satu cara untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III dalam menulis karangan pada pokok bahasan mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat undangan, dan dialog tertulis, adalah dengan menggunakan media kongkrit. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah proses penerapan media konkrit dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi di kelas III SDN Pujerbaru 01 kabupaten Bondowoso?. Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa kelas III SDN Pujerbaru 01 kabupaten Bondowoso setelah diterapkan pembelajaran menggunakan media konkrit dalam menulis karangan deskripsi? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan media kongkrit dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi dan untuk meningkatan hasil belajar siswa kelas III SDN Pujerbaru 01 kabupaten Bondowoso. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Pujerbaru 1 tahun ajaran 2011-2012 dengan jumlah siswa 29. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa nilai siswa sebelum penelitian, nilai siswa pada akhir tes siklus 1 dan 2, analisis aktivitas siswa dan guru selama proses pembelajaran serta jawaban siswa dan guru terhadap wawancara. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 21 Januari 2012 – 28 April 2012. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan media kongkrit dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi. Dibuktikan dari hasil persentase prasiklus, ketuntasan belajar siswa adalah 52% atau 15 siswa belum tuntas dan 48% atau 14 siswa tuntas. Pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa adalah 38% atau 11 siswa belum tuntas dan 62% atau 18 siswa tuntas. Hal ini menunjukkan bahwa pada tahap siklus I sudah mengalami peningkatan dan hampir mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Siklus II yang dilaksanakan sebagai pemantapan materi juga mengalami peningkatan hasil belajar dibandingkan pada siklus I. Persentase ketuntasan hasil belajar pada siklus II yaitu 17% atau 5 siswa belum tuntas dan 83% atau 24 siswa tuntas. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan persentase hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 9,31%. Atas dasar kesimpulan hasil penelitian, maka saran yang dapat disampaikan adalah jika guru mengajar materi menulis karangan deskripsi guru disarankan menjadikan media kongkrit sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan dan memperbaiki proses dan hasil pembelajaran yang selama ini digunakan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5224
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15360]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    NoThumbnail