Show simple item record

dc.contributor.authorIrda Kurnia
dc.date.accessioned2013-12-05T13:25:03Z
dc.date.available2013-12-05T13:25:03Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM090210204161
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5222
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil wawancara dan obervasi menunjukkan bahwa rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa yang disebabkan oleh proses pembelajaran yang masih bersifat konvensional, yaitu guru hanya menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa kurang optimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV melalui penerapan pendekatan cooperative learning menggunakan model pembelajaran word square pada materi kenampakan alam di lingkungan setempat di SD Negeri Wotgalih 02 Lumajang Tahun Pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tujuan, untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS materi kenampakan alam di lingkungan setempat setelah penerapan pendekatan cooperative learning menggunakan model pembelajaran word square di SD Negeri Wotgalih 02 Lumajang. Pengambilan data dilakukan pada tanggal 10-22 November 2011 di SD Negeri Wotgalih 02 Lumajang dengan subyek penelitian adalah siswa kelas IV sejumlah 26 siswa. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hal tersebut diatas maka hipotesis tindakan yang dirumuskan adalah jika diterapkan pendekatan cooperative learning menggunakan model pembelajaran word square, maka aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Wotgalih 02 Lumajang pada mata pelajaran IPS materi kenampakan alam di lingkungan setempat dapat meningkat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) melalui penerapan pendekatan cooperative learning menggunakan model pembelajaran word square pada siswa kelas IV mata pelajaran IPS materi kenampakan alam di lingkungan setempat di SD Negeri Wotgalih 02 Lumajang, maka aktivitas belajar siswa meningkat. 2) melalui penerapan pendekatan cooperative learning menggunakan model pembelajaran word square pada siswa kelas IV mata pelajaran IPS materi kenampakan alam di lingkungan setempat di SD Negeri Wotgalih 02 Lumajang, maka hasil belajar siswa meningkat. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat. Pada siklus I yaitu aktivitas belajar siswa mencapai 57,69% dan ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 53,85%. Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu aktivitas belajar siswa mencapai 67,95% dan ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 69,23%. Saran yang diberikan yaitu seorang guru dalam pembelajaran hendaknya berupaya mencari alternatif terbaik untuk memecahkan permasalahan serta membangkitkan minat belajar siswa agar lebih aktif dan mengembangkan kreativitas siswa selama proses pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204161;
dc.subjectAktivitas dan Hasil Belajar, Model Pembelajaran Word Squareen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPS MATERI KENAMPAKAN ALAM DI LINGKUNGANSETEMPAT MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE DI SD NEGERI WOTGALIH 02 LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record