• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPS MATERI KENAMPAKAN ALAM DI LINGKUNGANSETEMPAT MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE DI SD NEGERI WOTGALIH 02 LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Irda Kurnia (NIM 090210204161) (2)_1.pdf (77.28Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    Irda Kurnia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil wawancara dan obervasi menunjukkan bahwa rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa yang disebabkan oleh proses pembelajaran yang masih bersifat konvensional, yaitu guru hanya menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa kurang optimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV melalui penerapan pendekatan cooperative learning menggunakan model pembelajaran word square pada materi kenampakan alam di lingkungan setempat di SD Negeri Wotgalih 02 Lumajang Tahun Pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tujuan, untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS materi kenampakan alam di lingkungan setempat setelah penerapan pendekatan cooperative learning menggunakan model pembelajaran word square di SD Negeri Wotgalih 02 Lumajang. Pengambilan data dilakukan pada tanggal 10-22 November 2011 di SD Negeri Wotgalih 02 Lumajang dengan subyek penelitian adalah siswa kelas IV sejumlah 26 siswa. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hal tersebut diatas maka hipotesis tindakan yang dirumuskan adalah jika diterapkan pendekatan cooperative learning menggunakan model pembelajaran word square, maka aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Wotgalih 02 Lumajang pada mata pelajaran IPS materi kenampakan alam di lingkungan setempat dapat meningkat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) melalui penerapan pendekatan cooperative learning menggunakan model pembelajaran word square pada siswa kelas IV mata pelajaran IPS materi kenampakan alam di lingkungan setempat di SD Negeri Wotgalih 02 Lumajang, maka aktivitas belajar siswa meningkat. 2) melalui penerapan pendekatan cooperative learning menggunakan model pembelajaran word square pada siswa kelas IV mata pelajaran IPS materi kenampakan alam di lingkungan setempat di SD Negeri Wotgalih 02 Lumajang, maka hasil belajar siswa meningkat. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat. Pada siklus I yaitu aktivitas belajar siswa mencapai 57,69% dan ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 53,85%. Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu aktivitas belajar siswa mencapai 67,95% dan ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 69,23%. Saran yang diberikan yaitu seorang guru dalam pembelajaran hendaknya berupaya mencari alternatif terbaik untuk memecahkan permasalahan serta membangkitkan minat belajar siswa agar lebih aktif dan mengembangkan kreativitas siswa selama proses pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5222
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository