PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN PADA TOKO ROTI “ FATIMAH BAKERY ” DI JEMBER
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat pada
Perusahaan Toko Roti “Fatimah Bakery” di Jember.Seperti yang telah disebutkan, untuk dapat
menentukan strategi perusahaan yang tepat perusahaan harus mengetahui letak kekuatan,
kelemahan, peluang serta ancaman yang dihadapi oleh Perusahaan Toko Roti “Fatimah Bakery” .
Oleh karena itu, dalam penyusunan penelitian ini metode yang digunakan adalah metode analisis
SWOT (Strenght, weakness, Opportunity dan Threats) yaitu pendekatan yang digunakan untuk
menganalisis lingkungan internal dan eksternal Perusahaan Toko Roti “Fatimah Bakery” Jember.
Analisis faktor-faktor internal perusahaan akan mengetahui adanya kekuatan dan kelemahan
dari luar perusahaan, dengan tujuan untuk mengetahui peluang atau kesempatan bagi perusahaan
serta mengetahui pula ancaman atau tekanan dari pihak-pihak yang bersaing dengan perusahaan.
Salah satu instrumen yang dapat digunakan untuk menganalisis faktor-faktor kekuatan,
kelemahan, peluang, dan ancaman dengan tujuan untuk menghasilkan strategi pemasaran
perusahaan adalah analisis SWOT. Jika para penentu strategi pemasaran perusahaan mampu
melakukan mengoperasionalkan analisis SWOT dengan tepat, biasanya akan membuahkan
strategi sesuai dengan yang diharapkan.Berdasarkan hasil perhitungan kedua faktor strategi
internal dan eksternal akan diketahui kekuatan dan kelemahan ada pada sumbu (X) dengan nilai
+2 sedangkan peluang dan ancaman berada pada sumbu (Y) dengan nilai +1. Dapat ditarik
kesimpulan bahwa menurut analisis SWOT Perusahaan Toko Roti“Fatimah Bakery” Jember
berada pada posisi kuadran I yaitu kuadran yang mendukung kebijakan pertumbuhan yang
agresif, maksudnya perusahaan harus lebih giat dalam mengatasi perkembangan pasar dalam
rangka meningkatkan pertumbuhan penjualan.Berdasarkan hasil analisis pada penelitian ini ,
maka strategi pemasaran yang tepat pada Perusahaan Toko Roti “Fatimah Bakery” Jember
sebagai berikut : 1. Meningkatkan Kualitas Produk, 2. Menambah Wilayah penjualan yang Baru
secara geogarafis, 3. Menambah Varian Produk, 4.cMenambah produk baru dengan riset, 5.
Mengembangkan Kualitas SDM dalam bidang produk 6. Meningkatkan Promosi Penjualan.