• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PERMAINAN KARTU BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERKALIAN SISWA KELAS III MI MIFTAHUL ULUM 02 KEC. AJUNG KAB. JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011-2012

    Thumbnail
    View/Open
    FAISAL VITRONI FERI HARJIANTO - 100210274052 (2)_1.pdf (1.196Mb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    FAISAL VITRONI FERI HARJIANT
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fakta dilapangan menunjukkan bahwa dalam pembelajaran, sebagai seorang guru di suatu sekolah, kita akan selalu dan terlibat dalam pembelajaran matematika di sekolah. Keterlibatan ini menjadikan pembelajaran matematika begitu penting untuk diberikan kepada semua peserta didik mulai dari sekolah dasar untuk membekali mereka dengan kemampuan berfikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif serta kemampuan bekerja sama. Kenyataan yang sering terjadi, banyak orang yang tidak menyukai matematika, termasuk anak – anak sekolah dasar. Mereka menganggap bahwa matematika sulit dipelajari, soal yang diberikan terlalu banyak serta ada yang menyatakan bahwa gurunya tidak menyenangkan dan galak. Anggapan ini menyebabkan mereka semakin takut untuk belajar matematika. Selain itu, sikap seperti ini pasti akan mengurangi perhatian peserta didik selama mengikuti pembelajaran yang diberikan oleh guru. Penerapan pembelajaran kooperatif dengan menggunakan permainan kartu bergambar dapat menimbulkan kondisi belajar yang menyenangkan, meningkatkan ketrampilan social dan membantu siswa dalam memahami materi perkalian melalui belajar secara berkelompok, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Rumusan masalah dari penelitian i8ni adalah: (1) Bagaimanakah penerapan pembelajaran kooperatif dengan permainan kartu bergambar pada pokok bahasan perkalian siswa kelas III MI Miftahul Ulum 02 Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2011-2012; (2) Bagaimanakah aktivitas siswa dalam pembelajaran kooperatif dengan media kartu bergambar pada pokok bahasan perkalian siswa kelas III MI Miftahul Ulum 02 Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2011 – 2012; (3) Bagaimanakah ketuntasan rata-rata hasil belajar siswa kelas III MI Miftahul Ulum 02 Kabupaten Jember setelah pembelajaran kooperatif dengan media kartu bergambar pada pokok bahasan perkalian Tahun Ajaran 2011 – 2012. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif dengan media kartu bergambar pada pokok bahasan perkalian siswa kelas III MI Miftahul Ulum 02 Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2011-2012; (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa selama pembelajaran kooperatif degan media kartu bergambar pada pokok bahasa perkalian siswa kelas III MI Miftahul Ulum 02 Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2011-2012;(3 . ) Untuk mengetahui ketentuan hasil belajar siswa setelah pembelajaran kooperatif dengan media kartu bergambar pada pokok bahasa perkalian siswa kelas III MI Miftahul Ulum 02 Kabupaten Jember tahun ajaran 2011-2012. Penelitian ini dilaksanakan di MI Miftahul Ulum 02 kelas III yang terdiri 34 siswa, 17 siswa laki – laki, 17 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Teknik analisis data \yang digunakan yaitu deskripsi kualitatif dan kuantitatif yang terdiri dari ; aktivitas guru, aktivitas siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa, berturut – turut menggunakan rumus: , dan . Pengambilan data dilaksanakan mulai tanggal 09 April 2012 sampai dengan 18 april 2012. Data yang dikumpulkan yaitu penialaian aktivitas siswa dan tes individu. Siklus I pertemuan 1 aktivitas siswa mencapai 56,86%. Siklus I pertemuan 2 aktivitas siswa mencapai 63,07%. Siklus II pertemuan 1 aktivitas siswa mencapai 69,28%. Siklus II pertemuan 2 aktivitas siswa mencapai 77,78%. Analisis hasil tes individu siklus I pertemuan 1 mencapai 67,65%, siklus I pertemuan 2 mencapai 70,59%, siklus II pertemuan 1 mencapai 79,41% dan siklus II pertemuan 2 mencapai 85,29%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada materi perkalian. Penerapan pembelajaran kooperatif dengan permainan kartu bergambar dapat menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, menarik minat siswa untuk belajar, menumbuhkan kemampuan siswa dalam berinteraksi serta saling bekerja sama sehingga dapat mengembangkan keterampilan social siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5195
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository