PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PERMAINAN KARTU BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERKALIAN SISWA KELAS III MI MIFTAHUL ULUM 02 KEC. AJUNG KAB. JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011-2012
Abstract
Fakta dilapangan menunjukkan bahwa dalam pembelajaran, sebagai seorang guru di
suatu sekolah, kita akan selalu dan terlibat dalam pembelajaran matematika di sekolah.
Keterlibatan ini menjadikan pembelajaran matematika begitu penting untuk diberikan kepada
semua peserta didik mulai dari sekolah dasar untuk membekali mereka dengan kemampuan
berfikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif serta kemampuan bekerja sama. Kenyataan
yang sering terjadi, banyak orang yang tidak menyukai matematika, termasuk anak – anak
sekolah dasar. Mereka menganggap bahwa matematika sulit dipelajari, soal yang diberikan
terlalu banyak serta ada yang menyatakan bahwa gurunya tidak menyenangkan dan galak.
Anggapan ini menyebabkan mereka semakin takut untuk belajar matematika. Selain itu, sikap
seperti ini pasti akan mengurangi perhatian peserta didik selama mengikuti pembelajaran yang
diberikan oleh guru.
Penerapan pembelajaran kooperatif dengan menggunakan permainan kartu bergambar
dapat menimbulkan kondisi belajar yang menyenangkan, meningkatkan ketrampilan social dan
membantu siswa dalam memahami materi perkalian melalui belajar secara berkelompok,
sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Rumusan masalah dari penelitian i8ni adalah: (1)
Bagaimanakah penerapan pembelajaran kooperatif dengan permainan kartu bergambar pada
pokok bahasan perkalian siswa kelas III MI Miftahul Ulum 02 Kabupaten Jember Tahun Ajaran
2011-2012; (2) Bagaimanakah aktivitas siswa dalam pembelajaran kooperatif dengan media
kartu bergambar pada pokok bahasan perkalian siswa kelas III MI Miftahul Ulum 02 Kabupaten
Jember Tahun Ajaran 2011 – 2012; (3) Bagaimanakah ketuntasan rata-rata hasil belajar siswa
kelas III MI Miftahul Ulum 02 Kabupaten Jember setelah pembelajaran kooperatif dengan
media kartu bergambar pada pokok bahasan perkalian Tahun Ajaran 2011 – 2012. Sedangkan
tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif
dengan media kartu bergambar pada pokok bahasan perkalian siswa kelas III MI Miftahul Ulum
02 Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2011-2012; (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa selama
pembelajaran kooperatif degan media kartu bergambar pada pokok bahasa perkalian siswa kelas
III MI Miftahul Ulum 02 Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2011-2012;(3
. ) Untuk mengetahui
ketentuan hasil belajar siswa setelah pembelajaran kooperatif dengan media kartu bergambar
pada pokok bahasa perkalian siswa kelas III MI Miftahul Ulum 02 Kabupaten Jember tahun
ajaran 2011-2012.
Penelitian ini dilaksanakan di MI Miftahul Ulum 02 kelas III yang terdiri 34 siswa, 17
siswa laki – laki, 17 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis
penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Teknik analisis data \yang
digunakan yaitu deskripsi kualitatif dan kuantitatif yang terdiri dari ; aktivitas guru, aktivitas
siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa, berturut – turut menggunakan rumus:
, dan .
Pengambilan data dilaksanakan mulai tanggal 09 April 2012 sampai dengan 18 april
2012. Data yang dikumpulkan yaitu penialaian aktivitas siswa dan tes individu. Siklus I
pertemuan 1 aktivitas siswa mencapai 56,86%. Siklus I pertemuan 2 aktivitas siswa mencapai
63,07%. Siklus II pertemuan 1 aktivitas siswa mencapai 69,28%. Siklus II pertemuan 2 aktivitas
siswa mencapai 77,78%. Analisis hasil tes individu siklus I pertemuan 1 mencapai 67,65%,
siklus I pertemuan 2 mencapai 70,59%, siklus II pertemuan 1 mencapai 79,41% dan siklus II
pertemuan 2 mencapai 85,29%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil
belajar pada materi perkalian. Penerapan pembelajaran kooperatif dengan permainan kartu
bergambar dapat menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, menarik minat siswa untuk
belajar, menumbuhkan kemampuan siswa dalam berinteraksi serta saling bekerja sama sehingga
dapat mengembangkan keterampilan social siswa.