• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TSTS (TWO STAY TWO STRAY) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR SISWA KELAS V SDN MANGUNSARI TEKUNG LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    EVA SILVIA_080210204033 (2)_1.pdf (511.9Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    Eva Silvia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Banyak faktor yang menjadi penyebab rendah/kurang maksimalnya pemahaman peserta didik terhadap pembelajaran matematika, salah satu diantaranya adalah metode pembelajaran yang dilaksanakan. Berdasarkan hasil observasi di SDN Mangunsari Kecamatan Tekung Kabupaten Lumajang, diketahui bahwa dalam kegiatan pembelajaran, guru hanya menggunakan metode ceramah dan tanya jawab yang dilakukan secara klasikal. Materi sifat-sifat bangun datar ini dianggap sulit oleh siswa karena siswa kurang memahahi konsep dari sifat-sifat bangun datar tersebut. Dalam pembelajaran kooperatif tipe TSTS (Two Stay Two Stray) siswa dapat lebih aktif karena memberikan kesempatan yang lebih banyak kepada siswa untuk bertanya, menjawab dan saling membantu atau berinteraksi dengan teman serta dapat membagi hasil dan informasi kepada kelompok lain, dengan demikian maka akan menambah wawasan siswa mengenai materi yang sedang dipelajari. Dalam penelitian ini terdapat tiga rumusan masalah yaitu bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS (Two Stay Two Stray), bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika pokok bahasan sifat-sifat bangun datar siswa kelas V SDN Mangunsari. Pengambilan data bertempat di kelas V SDN Mangunsari dengan jumlah siswa yaitu 25 siswa, 13 laki-laki dan 12 perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), sedangkan metode yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, observasi dan tes. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe TSTS (Two Stay Two Stray). Pelaksanaan penerapan pembelajaran kooperatif tipe TSTS (Two Stay Two Stray) pada pokok bahasan sifat-sifat bangun datar siswa kelas V SDN Mangunsari berjalan sesuai rencana. Namun terdapat beberapa kendala, yaitu siswa masih malu dan bingung dalam kegiatan bertamu, dan menjawab pertanyaan. Kendala tersebut dapat teratasi setelah pembelajaran berlangsung dua kali, karena siswa sudah memahami langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe TSTS. Berdasarkan analisis data aktivitas siswa meningkat dalam setiap pertemuannya, diperoleh skor rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I pertemuan pertama sebesar 70,4%, pada siklus I pertemuan kedua sebesar 75,47%, pada siklus II pertemuan pertama sebesar 79,47% dan pada siklus II pertemuan kedua sebesar 82,67%. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari persentase hasil belajar klasikal pada tes akhir siklus I dan II. Pada pelaksanaan tes akhir siklus I yaitu diperoleh 64%, sedangkan pada tes akhir siklus II persentase hasil belajar siswa secara klasikal diperoleh 80%. Dalam menerapkan pembelajaran kooperatif tipe TSTS (Two Stay Two Stray) diharapkan sebelum pembelajaran guru harus menjelaskan langkah-langkah pembelajarannya terlebih dahulu kepada siswa agar siswa tidak merasa bingung saat pembelajaran berlangsung.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5189
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15422]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository