PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE SISWA KELAS IIIA SDN AJUNG 03 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Abstract
Pembelajaran bahasa Indonesia digunakan untuk mengembangkan
kemampuan berbahasa Indonesia sesuai dengan kemampuan, kebutuhan, dan minat
siswa. Keterampilan bahasa yang dimiliki, seberapapun tingkat atau kualitas
keterampilan itu akan dipergunakan dalam berkomunikasi. Tujuan dari pembelajaran
bahasa Indonesia adalah peserta didik memiliki kompetensi komunikatif. Kompetensi
ini meliputi keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Kurikulum
Berbasis Kompetensi
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah
peningkatan keterampilan menulis karangan narasi ekspositoris setelah diterapkan
pendekatan keterampilan proses dan model example non example pada siswa kelas
IIIA SDN Ajung 03 Jember Tahun Pelajaran 2012/2013. Tujuan penelitian ini adalah
meningkatkan keterampilan menulis karangan setelah diterapkan pendekatan
keterampilan proses dan melalui model example non example pada siswa kelas IIIA
SDN Ajung 03 Jember Tahun Pelajaran 2012/2013.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas
Pelaksanaan proses pembelajaran menulis karangan narasi dengan penerapan
pendekatan keterampilan proses dan model example non example untuk
meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas IIIA SDN Ajung 03 Jember dapat
disimpulkan berhasil dengan peningkatan antara pra siklus, siklus I dan siklus II.
Hasil karangan narasi siswa pada tahap prasiklus siswa yang tidak mencapai
ketuntasan hasil belajar sebanyak 44 siswa