PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI EKSPOSITORIS MELALUI MEDIA VCD PADA SISWA KELAS IV SDN RAMBIPUJI 01 TAHUN PELAJARAN 2012-2013
Abstract
Menurut Depdiknas Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1)
mendeskripsikan penerapan media VCD yang dapat meningkatkan kemampuan
menulis karangan narasi ekspositoris pada siswa kelas IV SDN Rambipuji 01 Jember
Tahun Pelajaran 2012-2013; dan 2)
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas
Penerapan media VCD dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan
narasi ekspositoris pada siswa kelas IV SDN Rambipuji 01 mengalami peningkatan
dari tahap prasiklus sampai siklus II. Hal tersebut dapat dilihat dari aktivitas siswa
selama proses pembelajaran dan hasil belajar. Hasil belajar siswa pada tahap
prasiklus nilai rata-rata siswa 53,4 dan siswa yang tuntas dengan nilai≥ 60 sebanyak
9 siswa dengan persentase 21%. Pada siklus I hasil belajar siswa mengalami
peningkatan nilai rata-rata siswa yaitu 57 dan siswa yang tuntas dengan nilai≥ 60
sebanyak 26 siswa dengan persentase 62%. Berdasarkan pengamatan pada siklus I,
terlihat bahwa indikator aktivitas siswa terendah adalah ada beberapa siswa yang
hasil karangannya sama persis, hal ini disebabkan mereka malas mengerjakan
berdasrkan pemikirannya sendiri, sedangkan aktivitas yang tertinggi adalah
mendengarkan penjelasan dan instruksi guru sudah cukup baik, namun ada beberapa
siswa yang masih terlihat kurang aktif. Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu
nilai rata-rata siswa 65,8 dan siswa yang tuntas dengan nilai≥ 60 sebanyak 37 siswa
dengan persentase 88%. Pada siklus II sebanyak 5 siswa mengalami tidak tuntas
dalam menulis karangan narasi ekspositoris. Faktor yang menjadi alasan ketidak
tuntasan hasil belajar siswa adalah masih belum memahami penggunaan ejaan
besar, tanda titik, dan tanda koma