• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI EKSPOSITORIS MELALUI MEDIA VCD PADA SISWA KELAS IV SDN RAMBIPUJI 01 TAHUN PELAJARAN 2012-2013

    Thumbnail
    View/Open
    Fransisca Isyana Yunita - 090210204006.pdf (1.276Mb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    FRANSISCA ISYANA YUNITA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Menurut Depdiknas Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan penerapan media VCD yang dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi ekspositoris pada siswa kelas IV SDN Rambipuji 01 Jember Tahun Pelajaran 2012-2013; dan 2) Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas Penerapan media VCD dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi ekspositoris pada siswa kelas IV SDN Rambipuji 01 mengalami peningkatan dari tahap prasiklus sampai siklus II. Hal tersebut dapat dilihat dari aktivitas siswa selama proses pembelajaran dan hasil belajar. Hasil belajar siswa pada tahap prasiklus nilai rata-rata siswa 53,4 dan siswa yang tuntas dengan nilai≥ 60 sebanyak 9 siswa dengan persentase 21%. Pada siklus I hasil belajar siswa mengalami peningkatan nilai rata-rata siswa yaitu 57 dan siswa yang tuntas dengan nilai≥ 60 sebanyak 26 siswa dengan persentase 62%. Berdasarkan pengamatan pada siklus I, terlihat bahwa indikator aktivitas siswa terendah adalah ada beberapa siswa yang hasil karangannya sama persis, hal ini disebabkan mereka malas mengerjakan berdasrkan pemikirannya sendiri, sedangkan aktivitas yang tertinggi adalah mendengarkan penjelasan dan instruksi guru sudah cukup baik, namun ada beberapa siswa yang masih terlihat kurang aktif. Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu nilai rata-rata siswa 65,8 dan siswa yang tuntas dengan nilai≥ 60 sebanyak 37 siswa dengan persentase 88%. Pada siklus II sebanyak 5 siswa mengalami tidak tuntas dalam menulis karangan narasi ekspositoris. Faktor yang menjadi alasan ketidak tuntasan hasil belajar siswa adalah masih belum memahami penggunaan ejaan besar, tanda titik, dan tanda koma
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5167
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository