dc.description.abstract | Pendidikan Kewarganegaraan
Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dilaksanakan penelitian dengan
rumusan masalah yaitu bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar
siswa kelas IV melalui penerapan strategi belajar peta konsep dan media gambar
dalam pembelajaran PKn pokok bahasan globalisasi di SDN 1 Tampo
Banyuwangi.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
siswa kelas IV SDN 1 Tampo Banyuwangi dalam pembelajaran PKn pokok
bahasan Globalisasi dengan menggunakan strategi belajar peta konsep dan media
gambar.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas
Hasil observasi aktivitas belajar siswa pada pra siklus menunjukkan bahwa
persentase aktivitas belajar siswa 14,54%. Sedangkan pada siklus I mengalami
peningkatan sebesar 55,38% menjadi 69,92% atau termasuk dalam kriteria aktif.
Pada siklus II, aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 15,29%
menjadi 85,21% dan termasuk dalam kriteria sangat aktif. Peningkatan juga
terjadi pada hasil belajar siswa. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada
siklus I sebesar 68,42%, sedangkan persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada
siklus II mencapai 89,47%. Hal ini menunjukkan bahwa persentase ketuntasan
hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 21,05%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menerapkan strategi belajar
peta konsep dan media gambar dalam pembelajaran PKn pokok bahasan
Globalisasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1
Tampo Banyuwangi tahun ajaran 2012/2013. Berdasarkan penelitian ini, guru
disarankan agar menerapkan strategi belajar peta konsep dan media gambar
dengan tetap memperhatikan kesesuainnya dengan materi yang diajarkan supaya
dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Selain itu, siswa disarankan
pula agar lebih aktif dan belajar dengan sungguh-sungguh agar memperoleh hasil
belajar yang lebih baik. | en_US |