Show simple item record

dc.contributor.authorEla Rismaya
dc.date.accessioned2013-12-05T10:27:38Z
dc.date.available2013-12-05T10:27:38Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM090210204045
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5160
dc.description.abstractPendidikan Kewarganegaraan Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dilaksanakan penelitian dengan rumusan masalah yaitu bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV melalui penerapan strategi belajar peta konsep dan media gambar dalam pembelajaran PKn pokok bahasan globalisasi di SDN 1 Tampo Banyuwangi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Tampo Banyuwangi dalam pembelajaran PKn pokok bahasan Globalisasi dengan menggunakan strategi belajar peta konsep dan media gambar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas Hasil observasi aktivitas belajar siswa pada pra siklus menunjukkan bahwa persentase aktivitas belajar siswa 14,54%. Sedangkan pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 55,38% menjadi 69,92% atau termasuk dalam kriteria aktif. Pada siklus II, aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 15,29% menjadi 85,21% dan termasuk dalam kriteria sangat aktif. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar siswa. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 68,42%, sedangkan persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus II mencapai 89,47%. Hal ini menunjukkan bahwa persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 21,05%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menerapkan strategi belajar peta konsep dan media gambar dalam pembelajaran PKn pokok bahasan Globalisasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Tampo Banyuwangi tahun ajaran 2012/2013. Berdasarkan penelitian ini, guru disarankan agar menerapkan strategi belajar peta konsep dan media gambar dengan tetap memperhatikan kesesuainnya dengan materi yang diajarkan supaya dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Selain itu, siswa disarankan pula agar lebih aktif dan belajar dengan sungguh-sungguh agar memperoleh hasil belajar yang lebih baik.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204045;
dc.subjectSTRATEGI BELAJAR PETA KONSEP DAN MEDIA GAMBAR,POKOK BAHASAN GLOBALISASIen_US
dc.titlePENERAPAN STRATEGI BELAJAR PETA KONSEP DAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN PKN POKOK BAHASAN GLOBALISASI DI SDN 1 TAMPO BANYUWANGIen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record