Show simple item record

dc.contributor.authorEkaAniRahayu
dc.date.accessioned2013-12-05T10:21:07Z
dc.date.available2013-12-05T10:21:07Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM090210204165
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5157
dc.description.abstractPembelajaran IPA di kelas V SDN Tempurejo 07 Jember tahun pelajaran 2011/2012 cenderung masih menggunakan metode konvensional yaitu ceramah dan penugasan saja, hal ini mennyebabkan siswa menjadi kurang aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas sehingga berakibat terhadap rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah pembelajaran IPA tersebut adalah melalui metode eksperimen dan teknik mind mapping, dimana dalam metode eksperimen siswa melakukan percobaan dengan mengalami dan membuktikan sendiri sesuatu yang dipelajari. Setelah siswa melakukan eksperimen, kemudian siswa menuangkan temuan-temuan tersebut dalam bentuk catatan berupa mind mapping, sehingga rumusan masalah yang muncul adalah “Bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa mata pelajaran IPA pokok bahasan sifat-sifat cahaya melalui metode eksperimen dan teknik mind mapping kelas V SDN Tempurejo 07 Jember tahun pelajaran 2011/2012?”, dan “Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA pokok bahasan sifat-sifat cahaya melalui metode eksperimen dan teknik mind mapping kelas V SDN Tempurejo 07 Jember tahun pelajaran 2011/2012?”. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA pokok bahasan sifat-sifat cahaya melalui metode eksperimen dan teknik mind mapping kelas V SDN Tempurejo 07 Jember tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tempurejo 07 Jember pada siswa kelas V sebanyak 20 orang siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model skema yang berbentuk spiral dari Kemmis dan Mc.Taggart dengan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, tesdan dokumentasi. Hasil observasi pada aktivitas belajar siswa selama pembelajaran IPA melalui metode eksperimen dan teknik mind mapping menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal pada siklus I mencapai 66,8% (kategori aktif), dan pada siklus II mencapai persentase 83,9%, (kategori sangat aktif). Persentase aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 17,1% dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil observasi pada hasil belajar siswa selama pembelajaran IPA melalui metode eksperimen dan teknik mind mapping menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Persentase hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 60%, sedangkan pada siklus II mencapai 85 %. Dengan demikian peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 15%, Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran IPA melalui metode eksperimen dan teknik mind mapping dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pokok bahasan Sifat-sifat cahaya di SDN Tempurejo 07 Jember tahun pelajaran 2011/2012. Oleh karena itu diharapkan guru-guru yang ada di sekolah tersebut menjadikan metode eksperimen dan teknik mind mapping sebagai alternatif metode pembelajaran dan variasi dalam kegiatan belajar mengajar agar siswa aktif dan tertarik dan pembelajaran yang dilakukan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204165;
dc.subjectAKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN SIFAT-SIFAT CAHAYA MELALUI METODE EKSPERIMEN DAN TEKNIK MIND MAPPINGen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN SIFAT-SIFAT CAHAYA MELALUI METODE EKSPERIMEN DAN TEKNIK MIND MAPPING KELAS V SDN TEMPUREJO 07 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record