PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN SIFAT-SIFAT CAHAYA MELALUI METODE EKSPERIMEN DAN TEKNIK MIND MAPPING KELAS V SDN TEMPUREJO 07 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Pembelajaran IPA di kelas V SDN Tempurejo 07 Jember tahun pelajaran
2011/2012 cenderung masih menggunakan metode konvensional yaitu ceramah dan
penugasan saja, hal ini mennyebabkan siswa menjadi kurang aktif dalam mengikuti
kegiatan pembelajaran di kelas sehingga berakibat terhadap rendahnya hasil belajar
siswa. Salah satu solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah
pembelajaran IPA tersebut adalah melalui metode eksperimen dan teknik mind
mapping, dimana dalam metode eksperimen siswa melakukan percobaan dengan
mengalami dan membuktikan sendiri sesuatu yang dipelajari. Setelah siswa
melakukan eksperimen, kemudian siswa menuangkan temuan-temuan tersebut dalam
bentuk catatan berupa mind mapping, sehingga rumusan masalah yang muncul adalah
“Bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa mata pelajaran IPA pokok
bahasan sifat-sifat cahaya melalui metode eksperimen dan teknik mind mapping kelas
V SDN Tempurejo 07 Jember tahun pelajaran 2011/2012?”, dan “Bagaimanakah
peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA pokok bahasan sifat-sifat cahaya
melalui metode eksperimen dan teknik mind mapping kelas V SDN Tempurejo 07
Jember tahun pelajaran 2011/2012?”. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA pokok bahasan sifat-sifat cahaya
melalui metode eksperimen dan teknik mind mapping kelas V SDN Tempurejo 07
Jember tahun pelajaran 2011/2012.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tempurejo 07 Jember pada siswa kelas V
sebanyak 20 orang siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan.
Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan
model skema yang berbentuk spiral dari Kemmis dan Mc.Taggart dengan setiap
siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, tesdan dokumentasi.
Hasil observasi pada aktivitas belajar siswa selama pembelajaran IPA melalui
metode eksperimen dan teknik mind mapping menunjukkan bahwa aktivitas belajar
siswa mengalami peningkatan. Persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal pada
siklus I mencapai 66,8% (kategori aktif), dan pada siklus II mencapai persentase
83,9%, (kategori sangat aktif). Persentase aktivitas belajar siswa mengalami
peningkatan sebesar 17,1% dari siklus I ke siklus II.
Berdasarkan hasil observasi pada hasil belajar siswa selama pembelajaran
IPA melalui metode eksperimen dan teknik mind mapping menunjukkan bahwa hasil
belajar siswa mengalami peningkatan. Persentase hasil belajar siswa pada siklus I
mencapai 60%, sedangkan pada siklus II mencapai 85 %. Dengan demikian
peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 15%,
Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran IPA melalui metode
eksperimen dan teknik mind mapping dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
siswa pokok bahasan Sifat-sifat cahaya di SDN Tempurejo 07 Jember tahun
pelajaran 2011/2012. Oleh karena itu diharapkan guru-guru yang ada di sekolah
tersebut menjadikan metode eksperimen dan teknik mind mapping sebagai alternatif
metode pembelajaran dan variasi dalam kegiatan belajar mengajar agar siswa aktif
dan tertarik dan pembelajaran yang dilakukan.