UPAYA PENINGKATAN MINAT SISWA KELAS XI IPA DI SMAN I GAMBIRAN TERHADAP BAHASA INGGRIS DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA DAN INTERNET
Abstract
Multimedia dan Internet adalah salah satu media pembelajaran yang saat
ini jamak digunakan disekolah-sekolah yang umumnya dari segi status yang
berstandard Nasional, serta sarana dan prasarana yang sangat memadai. Hal
tersebut sangat dipandang perlu apabila siswa ditekankan dalam hal akademikyang memungkinkan digunakannya medium tersebut untuk kegiatan
pembelajaran. Di SMAN I GAMBIRAN penggunaan pembelajaran berbasis
multimedia sering digunakan pada mata pelajaran yang berhubungan dengan
Teknologi Informasi, Sehingga kegiatan pembelajaran menjadi lebih semarak dan
lebih inovatif, tetapi hal tersebut hanya sebatas mata pelajaran tertentu saja. Untuk
itu perlu adanya inovasi lebih lanjut terhadap mata pelajaran lain serta penerapan
medium tersebut untuk mata pelajaran yang sekiranya perlu dalam hal
penerapannya. Seperti halnya Bahasa Inggris yang notabene merupakan pelajaran
yang menekankan adanya kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi,
multimedia dan internet memang dirasa perlu untuk diterapkan pada mata
pelajaran tersebut, sehingga kegiatan pembelajaran bahasa jadi lebih bernuansa
dan inovatif. Untuk itu perlu adanya pengamatan dalam hal ini, yang bertujuan
untuk, mengetahui tingkatan minat siswa terhadap pembelajaran Bahasa Inggris
dengan menggunakan multimedia dan internet serta upaya penerapan metode
tersebut terhadap kondisi minat siswa.
Pengamatan dilaksanakan dengan menggunakan metode sampling yakni,
mengambil kelas XI IPA selanjutnya kegiatan dilaksanakan dengan cara mengajar
serta membagikan kuesioner singkat perihal kondisi minat persiswa secara
personal. Setelah itu barulah metode yang telah direncanakanyakni metode
multimedia dan internet, disajikan kepada siswa untuk mengetahui apakah metode
tersebut mendapat sambutan baik oleh siswa atau sebaliknya. Setelah seluruh
kegiatan dilaksanakan barulah diketahui perihal kondosi minat siswa di SMAN I
GAMBIRAN terhadap pelajaran Bahasa Inggris, yakni sekitar 66% dari total 120
siswa menyukai bahasa inggris serta 45% dari 66% tersebut menghendaki adanya
pembelajaran menggunakan multimedia dan internet. Itulah gambaran singkat
mengenai proses pengamatan dan hasil pengamatan yang lebih jelasnya akan
dibahas pada uraian BAB 3 pada laporan ini