Show simple item record

dc.contributor.authorEni Sulastri
dc.date.accessioned2013-12-05T08:26:06Z
dc.date.available2013-12-05T08:26:06Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM100210274008
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5088
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil wawancara yang menunjukkan kurangnya kemampuan siswa kelas IV SDN Kaliwining 07 Kecamatan Rambipuji dalam menceritakan kembali isi dongeng. Hal ini disebabkan model pembelajaran yang digunakan guru kurang mengarahkan siswa untuk dapat belajar dan menceritakan kembali isi dongeng menggunakan kata-katanya sendiri dengan baik serta kurang memotivasi siswa untuk semangat belajar. Guru hanya membacakan cerita didepan kelas kemudian menugasi siswa membaca lagi cerita yang ada dibuku. Berdasarkan paparan diatas dapat dikemukakan rumusan masalah yaitu 1) bagaimanakah penerapan menceritakan kembali isi dongeng yang dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada siswa kelas IV SDN Kaliwining 07 Rambipuji Jember? 2) bagaimanakah peningkatan kemampuan berbicara setelah diterapkan menceritakan kembali isi dongen pada siswa kelas IV SDN Kaliwining 07 Rambipuji Jember? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan penerapan menceritakan kembali isi dongeng yang dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada siswa kelas IV SDN Kaliwining 07 Rambipuji Jember dan untuk meningkatkan kemampuan berbicara setelah diterapkan menceritakan kembali isi dongeng pada siswa IV SDN Kaliwining 07 Rambipuji Jember Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Pengambilan data dilakukan pada tanggal 02-21 April 2012 di SDN Kaliwining 07 Kecamatan Rambipuji dengan subyek penelitian adalah siswa kelas IV. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: 1) penerapan menceritakan kembali isi dongeng yang dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas IV SDN Kaliwining 07 tahun pelajaran 2011-2012 adalah menceritakan kembali isi dongeng yang dilakukan pada siklus II yaitu dengan menceritakan 2 kali dongeng yang diberikan kepada siswa dan memberikan gambar seri yang sudah berurutan kepada siswa sehingga kemampuan berbicara siswa meningkat. 2) peningkatan kemampuan berbicara siswa kelas IV SDN Kaliwining 07 tahun pelajaran 2011-2012 setelah diterapkan menceritakan kembali isi dongeng mengalami peningkatan secara klasikal dan juga secara perorangan di Kaliwining 07 . Pada siklus I diperoleh persentase secara klasikal sebesar 52% , siklus II mencapai 92 % . Saran hasil penelitian, bila penerapan menceritakan kembali isi dongeng diterapkan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, maka guru hendaknya lebih memperhatikan pengelolaan kelas dan menguasai materi-materi yang akan disampaikan agar kegiatan pembelajaran dapat dilakukan dengan baik.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210274008;
dc.subjectKemampuan Berbicara, Menceritakan Kembali Isi Dongengen_US
dc.titlePENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA DENGAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI DONGENG PADA SISWA KELAS IV SDN KALIWINING 07 RAMBIPUJI JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record