• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA DENGAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI DONGENG PADA SISWA KELAS IV SDN KALIWINING 07 RAMBIPUJI JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Eni Sulastri - 100210274008_1.pdf (90.93Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    Eni Sulastri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil wawancara yang menunjukkan kurangnya kemampuan siswa kelas IV SDN Kaliwining 07 Kecamatan Rambipuji dalam menceritakan kembali isi dongeng. Hal ini disebabkan model pembelajaran yang digunakan guru kurang mengarahkan siswa untuk dapat belajar dan menceritakan kembali isi dongeng menggunakan kata-katanya sendiri dengan baik serta kurang memotivasi siswa untuk semangat belajar. Guru hanya membacakan cerita didepan kelas kemudian menugasi siswa membaca lagi cerita yang ada dibuku. Berdasarkan paparan diatas dapat dikemukakan rumusan masalah yaitu 1) bagaimanakah penerapan menceritakan kembali isi dongeng yang dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada siswa kelas IV SDN Kaliwining 07 Rambipuji Jember? 2) bagaimanakah peningkatan kemampuan berbicara setelah diterapkan menceritakan kembali isi dongen pada siswa kelas IV SDN Kaliwining 07 Rambipuji Jember? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan penerapan menceritakan kembali isi dongeng yang dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada siswa kelas IV SDN Kaliwining 07 Rambipuji Jember dan untuk meningkatkan kemampuan berbicara setelah diterapkan menceritakan kembali isi dongeng pada siswa IV SDN Kaliwining 07 Rambipuji Jember Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Pengambilan data dilakukan pada tanggal 02-21 April 2012 di SDN Kaliwining 07 Kecamatan Rambipuji dengan subyek penelitian adalah siswa kelas IV. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: 1) penerapan menceritakan kembali isi dongeng yang dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas IV SDN Kaliwining 07 tahun pelajaran 2011-2012 adalah menceritakan kembali isi dongeng yang dilakukan pada siklus II yaitu dengan menceritakan 2 kali dongeng yang diberikan kepada siswa dan memberikan gambar seri yang sudah berurutan kepada siswa sehingga kemampuan berbicara siswa meningkat. 2) peningkatan kemampuan berbicara siswa kelas IV SDN Kaliwining 07 tahun pelajaran 2011-2012 setelah diterapkan menceritakan kembali isi dongeng mengalami peningkatan secara klasikal dan juga secara perorangan di Kaliwining 07 . Pada siklus I diperoleh persentase secara klasikal sebesar 52% , siklus II mencapai 92 % . Saran hasil penelitian, bila penerapan menceritakan kembali isi dongeng diterapkan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, maka guru hendaknya lebih memperhatikan pengelolaan kelas dan menguasai materi-materi yang akan disampaikan agar kegiatan pembelajaran dapat dilakukan dengan baik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5088
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository