dc.description.abstract | Tujuan dari penelitian ini adalah : ( 1 ) Untuk mengetahui penerapan
pembelajaran matematika relistik pokok bahasan bilangan bulat untuk siswa kelas
IV SDN Tanggul Wetan 05 ( 2 ) Untuk mengetahui aktifitas siswa dan guru dalam
menerapkan pembelajaran matematika relistik pokok bahasan bilangan bulat
untuk siswa kelas IV SDN Tanggul Wetan 05 ( 3 ) Untuk mengetahui ketuntasan
belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran matematika relistik pokok bahasan
bilangan bulat untuk siswa IV SDN Tanggul Wetan 05.
Penelitian dilaksanakan di SDN Tanggul Wetan 05 yang terdiri dari 30
siswa, 13 siswa laki-laki dan 17 perempuan. Siswa dibagi menjadi 6 kelompok
yang hiterogen. Penelitian ini menggunakan Penelitian kualitatif dan jenis
penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus.
Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi
teknis. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan
kuantitatif. Deskriptif kualitatif untuk menganalisis data berupa observasi,
wawancara dan dokumentasi, sedangkan deskriptif kuantitatif untuk menganalisis
tes individu.pengambilan data dimulai tanggal 13 April 2011 sampai dengan 16
April 2011. dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Tanggul Wetan 05
Kecamatan Tanggul kabupaten Jember. Data yang dikumpulkan berupa aktifitas
siswa, aktifitas guru dan tes individu. Berdasarkan data yang telah diperoleh dari
hasil observasi diketahui bahwa persentase aktifitas siswa selama pembelajaran
pecahan dengan menggunakan Metode Demonstrasi adalah : Pada siklus I
prosentase hasil aktifitas siswa dengan Kriteria baik sebesar 56%, siklus II sebesar
80%. Dari tes akhir yang dilakukan siswa, Berdasarkan hasil tersebut diketahui
bahwa persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah 80%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan
aktifitas dan hasil belajar pada materi penerapan pembelajaran matematika relistik
pokok bahasan bilangan bulat dapat menciptakan pembelajaran yang aktif dan
merangsang siswa untuk berani mengungkapkan pendapat, memotivasi siswa
untuk meningkatkan hasil belajar serta dapat meningkatkan keakraban siswa. | en_US |