Show simple item record

dc.contributor.authorERIK MU’AFIQI
dc.date.accessioned2013-12-05T07:58:22Z
dc.date.available2013-12-05T07:58:22Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM080210274090
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5062
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini adalah : ( 1 ) Untuk mengetahui penerapan pembelajaran matematika relistik pokok bahasan bilangan bulat untuk siswa kelas IV SDN Tanggul Wetan 05 ( 2 ) Untuk mengetahui aktifitas siswa dan guru dalam menerapkan pembelajaran matematika relistik pokok bahasan bilangan bulat untuk siswa kelas IV SDN Tanggul Wetan 05 ( 3 ) Untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran matematika relistik pokok bahasan bilangan bulat untuk siswa IV SDN Tanggul Wetan 05. Penelitian dilaksanakan di SDN Tanggul Wetan 05 yang terdiri dari 30 siswa, 13 siswa laki-laki dan 17 perempuan. Siswa dibagi menjadi 6 kelompok yang hiterogen. Penelitian ini menggunakan Penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi teknis. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif untuk menganalisis data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan deskriptif kuantitatif untuk menganalisis tes individu.pengambilan data dimulai tanggal 13 April 2011 sampai dengan 16 April 2011. dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Tanggul Wetan 05 Kecamatan Tanggul kabupaten Jember. Data yang dikumpulkan berupa aktifitas siswa, aktifitas guru dan tes individu. Berdasarkan data yang telah diperoleh dari hasil observasi diketahui bahwa persentase aktifitas siswa selama pembelajaran pecahan dengan menggunakan Metode Demonstrasi adalah : Pada siklus I prosentase hasil aktifitas siswa dengan Kriteria baik sebesar 56%, siklus II sebesar 80%. Dari tes akhir yang dilakukan siswa, Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah 80%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktifitas dan hasil belajar pada materi penerapan pembelajaran matematika relistik pokok bahasan bilangan bulat dapat menciptakan pembelajaran yang aktif dan merangsang siswa untuk berani mengungkapkan pendapat, memotivasi siswa untuk meningkatkan hasil belajar serta dapat meningkatkan keakraban siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210274090;
dc.subjectHasil Belajar, Teori Belajar Piaget, Demonstrasien_US
dc.titlePENERAPAN METODE DEMONSTRASI DENGAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATERI GAYA DI SDN TANGGUL WETAN 05 TANGGUL – JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record