• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DENGAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATERI GAYA DI SDN TANGGUL WETAN 05 TANGGUL – JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Erik Mu'afiqi.pdf (266.4Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    ERIK MU’AFIQI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan dari penelitian ini adalah : ( 1 ) Untuk mengetahui penerapan pembelajaran matematika relistik pokok bahasan bilangan bulat untuk siswa kelas IV SDN Tanggul Wetan 05 ( 2 ) Untuk mengetahui aktifitas siswa dan guru dalam menerapkan pembelajaran matematika relistik pokok bahasan bilangan bulat untuk siswa kelas IV SDN Tanggul Wetan 05 ( 3 ) Untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran matematika relistik pokok bahasan bilangan bulat untuk siswa IV SDN Tanggul Wetan 05. Penelitian dilaksanakan di SDN Tanggul Wetan 05 yang terdiri dari 30 siswa, 13 siswa laki-laki dan 17 perempuan. Siswa dibagi menjadi 6 kelompok yang hiterogen. Penelitian ini menggunakan Penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi teknis. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif untuk menganalisis data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan deskriptif kuantitatif untuk menganalisis tes individu.pengambilan data dimulai tanggal 13 April 2011 sampai dengan 16 April 2011. dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Tanggul Wetan 05 Kecamatan Tanggul kabupaten Jember. Data yang dikumpulkan berupa aktifitas siswa, aktifitas guru dan tes individu. Berdasarkan data yang telah diperoleh dari hasil observasi diketahui bahwa persentase aktifitas siswa selama pembelajaran pecahan dengan menggunakan Metode Demonstrasi adalah : Pada siklus I prosentase hasil aktifitas siswa dengan Kriteria baik sebesar 56%, siklus II sebesar 80%. Dari tes akhir yang dilakukan siswa, Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah 80%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktifitas dan hasil belajar pada materi penerapan pembelajaran matematika relistik pokok bahasan bilangan bulat dapat menciptakan pembelajaran yang aktif dan merangsang siswa untuk berani mengungkapkan pendapat, memotivasi siswa untuk meningkatkan hasil belajar serta dapat meningkatkan keakraban siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5062
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository