• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODE OUTDOOR STUDY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT SEDERHANA PADA SISWA KELAS II SDN KALIGONDO 01 GENTENG BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Emmilia Erwina_080210204017_PGSD (2)_1.pdf (331.4Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    Emmilia Erwina
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang penting dan harus dikuasai oleh siswa. Melalui kegiatan menulis, siswa dapat menuangkan segala ide atau gagasannya ke dalam sebuah tulisan yang dapat dijadikan sebagai sarana komunikasi dalam kehidupan bermasyarakat. Terkait dengan keterampilan menulis, pada SDN Kaligondo 01 Genteng terdapat permasalahan yang menjadi latar belakang penelitian. Permasalahan tersebut adalah kemampuan siswa dalam mengungkapkan gagasan atau ide dalam bentuk tulis masih lemah, penguasaan siswa terhadap struktur bahasa masih rendah dan kurangnya minat terhadap pembelajaran bahasa. Untuk mengatasi permasalah tersebut diperlukan pemecahan masalah yang berupa penerapan suatu metode yaitu metode outdoor study. Rumusan masalah yang mendasari penelitian ini adalah bagaimanakah proses metode outdoor study yang dapat meningkatkan keterampilan menulis kalimat sederhana siswa SDN Kaligondo 01 Genteng Banyuwangi tahun pelajaran 2011/2012 dan bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis kalimat sederhana siswa SDN Kaligondo 01 Genteng Banyuwangi tahun pelajaran 2011/2012 setelah diterapkan metode outdoor study. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses metode outdoor study serta meningkatkan keterampilan menulis kalimat sederhana siswa kelas II SDN Kaligondo 01 Genteng Banyuwangi. Metode outdoor study dilaksanakan di SDN Kaligondo 01 Genteng Banyuwangi dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, dokumentasi, wawancara dan tes, sedangkan sumber data diperoleh dari hasil wawancara, observasi, literatur dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, teknik yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif yang diperoleh dari deskripsi hasil observasi aktivitas siswa selama pembelajaran dan analisis hasil tes menulis kalimat sederhana. Kesimpulan dari penelitian tindakan ini adalah proses metode outdoor study pada siklus I masih mempunyai beberapa kekurangan yang kemudian dilakukan perbaikan pada siklus II. Perbaikan tersebut dilakukan dengan cara menjelaskan kembali materi dan memberikan contoh-contoh kalimat sederhana yang di dalamnya minimal mengandung unsur subjek predikat serta mengajak siswa untuk membuat kalimat sederhana berdasarkan apa yang diperagakan guru di depan kelas. Selanjutnya, guru memberikan contoh kalimat yang didalamnya terdapat penulisan ejaan yang benar dan salah yang kemudian melibatkan siswa untuk mengamati, memberikan pendapat dan memperbaiki kesalahan penulisan ejaan dalam contohcontoh tersebut. Setelah dilakukan perbaikan pada proses metode outdoor study, maka hasil tes menulis kalimat sederhana pada siklus II mengalami peningkatan yang tinggi. Peningkatan keterampilan menulis kalimat sederhana dapat dilihat dari hasil tes prasiklus terdapat 10 siswa (47,62%) yang dinyatakan tuntas dan 11 siswa (52,38%) dinyatakan belum tuntas. Pada siklus I, 14 siswa (66,67%) dinyatakan tuntas dan 7 siswa (33,33%) dinyatakan belum tuntas sedangkan pada siklus II, terdapat 19 siswa (90,48%) dinyatakan tuntas dan 2 siswa (9,52%) dinyatakan belum tuntas. Berdasarkan hasil tes tersebut dapat disimpulkan bahwa setelah dilakukan perbaikan terhadap siklus II, metode outdoor study dapat meningkatkan keterampilan menulis kalimat sederhana pada siswa kelas II SDN Kaligondo 01. Adapun saran dari penelitian ini adalah bagi guru kelas disarankan untuk mengembangkan metode ini dalam konsep pembelajaran terpadu guna mengatasi keterbatasan media dan sumber belajar yang ada di sekolah.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5058
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository