• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN SIFAT DAN PERUBAHAN WUJUD BENDA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BERBASIS LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS IV SDN JAMBEARUM 01 PUGER JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    ELY EFENDI - 080210204140 (2)_1.pdf (254.7Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    ELY EFENDI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Melalui pembelajaran IPA diharapkan siswa dapat menanamkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai ilmiah pada siswa serta rasa mencintai dan menghargai kebesaran Tuhan Yang Maha Esa. Kegiatan yang dirancang oleh guru harus mengindikasikan suatu proses yang telah direncanakan secara masak dan mencakup fakta yang terjadi dalam lingkungan. Sesuai dengan karakternya maka pembelajaran IPA harus memiliki kecenderungan pada pendidikan kognitif dan psikomotor siswa Pengamatan yang dilakukan peneliti pada tanggal 01 Juli 2011 terhadap masalah belajar siswa di SD Negeri Jambearum 01adalah minimnya penggunakan media pembelajan yang digunakan oleh guru, perolehan aktivitas dan hasil belajar siswa juga rendah jika dibandingkan dengan KKM yang ditetapkan oleh Sekolah. Rendahnya perolehan aktivitas dan hasil belajar tersebut tidak lepas dari minimnya penggunaan media dan metode yang diterapkan guru yang tidak sesuai dengan perkembangan siswa.. Media berbasis lingkungan sesuai untuk pendidikan IPA di SD, melalui media berbasis lingkungan diharapkan siswa dapat membangun pengetahuan sekaligus lebih mengetaui dan mencintai alam.. Berdasarkan latar belakang diatas, maka permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA pokok bahasan sifat dan perubahan wujud benda dengan menggunakan media berbasis lingkungan pada siswa kelas IV SDN Jambearum 01 Puger Jember? (2) bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pokok bahasan sifat dan perubahan wujud benda dengan menggunakan media berbasis lingkungan pada siswa kelas IV SDN Jambearum 01 Puger Jember? Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi siswa, guru, peneliti lain dan personal sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan media berbasis lingkungan pada siswa kelas IV SDN Jambearum 01 Kecamatan Puger Kabupaten Jember tahun pelajaran 2011/2012 pada mata pelajaran IPA pokok bahasan sifat dan perubahan wujud benda. Penelitian dilaksanakan di SDN Jambearum 01 kelas IV Tahun Pelajaran 2011/2012 yang terdiri dari 21 siswa, 6 siswa perempuan, 15 siswa lakilaki. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 01 Desember sampai 16 Desember 2011. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas dan hasil belajar siswa. Hasil pengamatan peneliti diperoleh persentase aktivitas siswa pada kegiatan prasiklus adalah 36,9% siklus I adalah 40,47% dan Siklus II sebesar 71,03 %. Berdasarkan ketuntasan hasil belajar siswa pada prasiklus adalah 9,52%, siklus I sebesar 38,1% dan Siklus II sebesar 81%. Analisa hasil belajar pada siklus I dan siklus II menunjukkan bahwa kelas IV telah mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) penerapan pembelajaran menggunakan media berbasis lingkungan dapat meningkatkan aktivitas siswa SDN Jambearum 01, sehingga mereka mampu mencapai standar ketuntasan minimal dalam mempelajari IPA khususnya pada pokok bahasan Sifat dan Perubahan Wujud Benda, (2) melalui pembelajaran menggunakan media berbasis lingkungan dapat meningkatkan hasil belajar siswa SDN Jambearum 01 dalam mata pelajaran IPA pokok bahasan Sifat dan Perubahan Wujud Benda.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5045
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository