• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELILING DAN LUAS PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INTRUCTION (TAI) SISWA KELAS III SDN DARSONO 02

    Thumbnail
    View/Open
    Erick Herdiansyah.pdf (274.2Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    Erick Herdiansyah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilaksanakan di SDN Darsono 02 kelas III, yang terdiri dari 24 siswa, 13 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 4 kelompok yang heterogen, untuk pembagian kelompok berikutnya didasarkan hasil dari nilai ulangan harian. Pelaksanaan pembelajaran di kelas III dilaksanakan mulai tanggal 7 Februari 2011 sampai 16 Februari 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas III SDN Darsono 02 Jember. Data yang dikumpulkan merupakan hasil dari penelitian aktivitas siswa dan hasil tes individu pada saat penerapan pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) pada materi keliling dan luas persegi dan persegi panjang . Pada siklus I pertemuan I, hasil analisis aktivitas siswa mencapai 67% dan hasil analisis tes individu siswa mencapai 79,76%. Pertemuan II, analisis aktivitas siswa mencapai 83% dan hasil analisis tes individu siswa mencapai 87,5%. Ketuntasan hasil belajar pada siklus I mencapai 79,76% dan telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal di kelas III, sedangkan disiklus II sebagai kegiatan pemantapan persentase ketuntasan belajar mencapai 87,5%, sehingga peneliti menghentikan penelitian. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada materi keliling dan luas persegi dan persegi panjang dengan pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Intruction (TAI). Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) dapat menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, menyenangkan dan meningkatkan keterampilan dalam mengemukan pendapat antar sesama teman serta siswa dapat berinteraksi dengan kelompok belajarnya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5040
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository