MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELILING DAN LUAS PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INTRUCTION (TAI) SISWA KELAS III SDN DARSONO 02
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Darsono 02 kelas III, yang terdiri dari 24
siswa, 13 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 4 kelompok
yang heterogen, untuk pembagian kelompok berikutnya didasarkan hasil dari nilai
ulangan harian.
Pelaksanaan pembelajaran di kelas III dilaksanakan mulai tanggal 7 Februari
2011 sampai 16 Februari 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas III SDN Darsono
02 Jember. Data yang dikumpulkan merupakan hasil dari penelitian aktivitas siswa
dan hasil tes individu pada saat penerapan pembelajaran kooperatif tipe Team
Accelerated Instruction (TAI) pada materi keliling dan luas persegi dan persegi
panjang . Pada siklus I pertemuan I, hasil analisis aktivitas siswa mencapai 67% dan
hasil analisis tes individu siswa mencapai 79,76%. Pertemuan II, analisis aktivitas
siswa mencapai 83% dan hasil analisis tes individu siswa mencapai 87,5%.
Ketuntasan hasil belajar pada siklus I mencapai 79,76% dan telah mencapai
ketuntasan belajar secara klasikal di kelas III, sedangkan disiklus II sebagai kegiatan
pemantapan persentase ketuntasan belajar mencapai 87,5%, sehingga peneliti
menghentikan penelitian.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas
dan hasil belajar pada materi keliling dan luas persegi dan persegi panjang dengan
pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Intruction (TAI). Penerapan
pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) dapat menciptakan
suasana pembelajaran yang aktif, menyenangkan dan meningkatkan keterampilan
dalam mengemukan pendapat antar sesama teman serta siswa dapat berinteraksi
dengan kelompok belajarnya.