PENERAPAN STRATEGI KONFLIK KOGNITIF DISERTAI TEKNIK PETA KONSEP DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA
View/ Open
Date
2013-06-28Author
Nesmaya, Lisa
Bektiarso, Singgih
Yushardi
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan hasil belajar siswa antara yang
menggunakan strategi konflik kognitif disertai teknik peta konsep dengan pembelajaran yang tidak menggunakan strategi konflik kognitif disertai teknik peta konsep dan aktivitas belajar siswa selama menggunakan strategi konflik kognitif disertai teknik peta konsep. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Data untuk mengetahui hasil belajar diperoleh dari nilai pre-test dan post-test dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata pretest dan post-test yang di peroleh dari kelas eksperimen adalah 30.28 dan 73.19. Nilai rata-rata pre-test dan post-test dari kelas kontrol adalah 29.57 dan 66.23. Aktivitas siswa selama menggunakan strategi konflik kognitif disertai konflik kognitif dibuat dengan data prosentase yang hasilnya diperoleh skor yang lebih
baik daripada kelas kontrol. Hasil analisis data ini membuktikan bahwa pembelajaran menggunakan strategi konflik kognitif disertai konflik kognitif lebih baik daripada pembelajaran pada kelas kontrol pada aktivitas belajar dan hasil belajar siswa.