• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    STRATEGI PEMASARAN PADA PEDAGANG KAKI LIMA DI PUSAT JAJANAN RAKYAT KABUPATEN LUMAJANG

    Thumbnail
    View/Open
    Muhammad Eka Rahman - 0702103911149_1.pdf (1.160Mb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    Muhammad Eka Rahman
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kegiatan ekonomi dilakukan manusia untuk mencapai kemakmuran, salah satunya dengan melakukan kegiatan usaha baik dengan skala kecil sampai skala besar, tergantung dari kekuatan modal, sumber daya manusia dan peluang untuk berusaha, dalam era globalisasi jenis usaha bermunculan dengan berbagai macam karakteristik, sektor jasa dan sektor perdagangan berkembang dengan pesat, sektor jasa yang mengutamakan pelayanan berlomba-lomba memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen, sehingga kepuasan konsumen menjadi prioritas usaha di sektor ini. Opportunity dalam usaha akan menciptakan persaingan antar pedagang yang jenis usaha daganngya hampir sama, dengan keberadaan pusat jajanan rakyat secara langsung menciptakan persaingan usaha antara pedagang satu dengan pedagang lain dalam menggaet konsumen,, banyak hal yang harus dilakukan pedagang kaki lima yang bertempat di pusat jajanan rakyat untuk menciptakan loyalitas pelanggannya, salah satunya kedekatan para pelanggan dengan pedagang, tempat yang bersih, dan juga inovasi menu yang ada. Ini yang terlihat oleh peneliti setelah melakukan observasi di area pujasera Lumajang, dari sedikit percakapan dengan konsumen bahwa mereka mempunyai kedekatan secara emosionnal dengan pemilik stand, sehingga mereka selalu meluangkan waktunya Pedagang kaki lima selama ini identik dengan menjajakan keliling, perlahan berubah paradigmanya, pedagang kaki lima telah menempati suatu tempat tertentu secara permanen, dimana tempat tersebut merupakan lahan strategis untuk mendapatkan konsumen, pemerintah daerah juga menaruh perhatian terhadap vii pedagang kaki lima, sehingga banyak didaerah yang pemerintah daerahnya menegluarkan surat keputusan untuk menetapkan area- area tertentu menjadi pusat kegiatan ekonomi kecil menengah salah satunya pedagang kaki lima, sehingga pedagang kaki lima tertampung dan tertata dengan baik, ini merupakan suatu perlindunagn yang diberikan pemerintah terhadap usaha kecil menengah yang ingin tetap mempertahankan dan mengembangkan usahanya. Pedagang secara bertahap telah menerapkan konsep strategi pemasaran dalam usahanya, walaupun mereka tidak pernah menganggap kedekatan emosional menjadi salah satu strategi memasarkan produknya, setiap usaha yang dilakukan yang berhubungan dengan memproduksi barang maupun jasa pasti membutuhkan strategi pemasaran yang baik, agar barang dan jasa yang diproduksi alirannya menjadi lancar dan menghasilkan laba yang diinginkan, walaupun sektor yang dijalankan bersifat mikro, para pedagang kaki lima berhasil menciptakan modal usaha untuk mempertahankan usahanya sekaligus mengembangkan usaha
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5001
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository