ANALISIS PENGARUH POTONGAN HARGA , BIAYA PROMOSI, DAN BIAYA DISTRIBUSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PRODUK ROKOK DJARUM SUPER JEMBER
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh potongan harga, biaya promosi, dan
biaya distribusi terhadap volume penjualan rokok Djarum Super. Alat analisis yang digunakan
dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis, maka
dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara potongan harga dan volume
penjualan rokok Djarum Super, dengan demikian hipotesis pertama diterima. Biaya promosi
berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan rokok Djarum Super dengan demikian
hipotesis ke dua diterima. Dan biaya distribusi berpengaruh terhadap volume penjualan rokok
Djarum Super dengan demikian hipotesis ke tiga diterima. Hasil penelitian juga menunjukkan
bahwa variabel potongan harga, biaya promosi dan biaya distribusi berpengaruh secara simultan
terhadap volume penjualan rokok Djarum Super dengan demikian hipotesis ke empat diterima.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa potongan harga adalah variabel yang paling dominan
mempengaruhi volume penjualan rokok Djarum Super.