• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH KEMANDIRIAN DAN GAYA BELAJAR KINESTETIK TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS XI IPS SMAN AMBULU MATA PELAJARAN AKUNTANSI PADA STANDAR KOMPETENSI SIKLUS AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2012/ 2013

    Thumbnail
    View/Open
    Muh Hasan Bisri M - 080210391023_1.pdf (126.4Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    Muh Hasan Bisri M
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Akuntansi selama ini dianggap sebagai mata pelajaran yang rumit karena membutuhkan ketelitian dalam memahami materi, sedangkan alokasi waktu jam pelajaran akutansi sangat terbatas sehingga berdampak pada pembelajaran di kelas. Hal tersebut mengakibatkan kurangya interaksi antara guru dan siswa sehingga diperlukan suatu sikap kemadirian siswa dalam belajar dan gaya belajar yang sesuai dengan kondisi siswa. Dengan demikian kemandirian dan gaya belajar yang sesuai sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hasil belajar dapat dipengaruhi oleh dua faktor yaitu kemandirian dan gaya belajar kinestetik. Permasalahan dalam penelitian ini yang pertama apakah kemandirian belajar dan gaya belajar kinestetik mempunyai pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa Kelas XI IPS 2 SMAN Ambulu tahuan ajaran 2012/2013 pada mata pelajaran Akuntansi. Permasalahan yang kedua yaitu variabel, apakah diantara variabel kemandirian belajar dengan gaya belajar kinestetik yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 SMAN Ambulu tahuan ajaran 2012/2013 pada mata pelajaran Akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui adanya pengaruh yang signifikan dari kemandirian belajar dan gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar siswa Kelas XI IPS 2 SMAN Ambulu tahun ajaran 2012/2013 pada mata pelajaran Akuntansi. 2) Mengetahui variabel kemandirian belajar dan gaya belajar kinestetik yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap hasil belajar siswa Kelas XI IPS 2 SMAN Ambulu tahun ajaran 2012/2013 pada mata pelajaran Akuntansi. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPS SMAN Ambulu Jember. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 54 sampel dengan pertimbangan viii bahwa jumlah tersebut sudah melebihi jumlah sampel minimal dalam penelitian (n = 30). Variabel yang diteliti adalah kemandirian (X ), gaya belajar kinestetik (X 2 ix 1 ), dan hasil belajar (Y). Pengumpulan data menggunakan instrumen yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Metode yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dan analisis inferensial. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, diperoleh persamaan regresi Y=4,199+ 0,530X 1 + 0,963X 2 +e , sehingga terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kemandirian dan gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar siswa. Dari hasil uji F atau simultan diperoleh F i hitung sebesar 27,513 dan F sebesar 3,18 maka (27,513 ≥ 3,18) yang berarti signifikan dan menerima hipotesis alternatif. Hasil pengujian secara parsial variabel kemandirian diperoleh t sebesar 2,936 dan t sebesar 2,835 dan t tabel tabel sebesar 2,00 dengan nilai signifikansi (2,936 ≥ 2,00), t sebesar 2,00 untuk variabel gaya belajr kinestetik dengan nilai signifikansi (2,835 ≥ 2,00), hal ini berarti hipotesis alternatif diterima. Koefisien determinan R2 sebesar 51,9%, sedangkan sisanya 48,1% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini. Besarnya kontribusi atau sumbangan secara parsial masing-masing adalah 26,50% untuk variabel kemandirian dan 25,42% untuk variabel gaya belajar kinestetik. Berdasarkan hasil penelitian ini juga dapat diketahui bahwa variable kemandirian (X1) merupakan variabel yang dominan berpengaruh terhadap hasil belajar (Y).
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4981
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository