Show simple item record

dc.contributor.authorMoh. In’am Latif
dc.date.accessioned2013-12-05T07:11:56Z
dc.date.available2013-12-05T07:11:56Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM080810291026
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4956
dc.description.abstractPendidikan merupakan salah satu aspek pembangunan dan sekaligus merupakan syarat mutlak untuk mewujudkan pembangunan nasional. Kinerja guru selalu menjadi pusat perhatian, karena guru merupakan faktor penentu dalam meningkatkan prestasi belajar dan berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Disisi lain kedisiplinan guru pun dipersoalkan ketika membincangkan masalah peningkatan mutu pendidikan. Tingkat disiplin yang dihasilkan kemudian mengumpan balik pada pretasi kerja guru, kemungkinan perubahan kebijakan dan praktek manajemen. Terbentuknya iklim yang kondusif pada tempat kerja dapat menjadi faktor penunjang bagi peningkatan kedisiplinan dan prestasi kerja sebab kenyamanan dalam bekerja membuat guru berpikir dengan tenang dan terkonsentrasi hanya pada tugas yang sedang dilaksanakan. Berdasarkan teori dan kajian empiris, variabel persepsi kepemimpinan dan iklim organisasi dinilai mampu untuk menyelesaikan kedisiplinan guru dan secara langsung maupun tidak langsung akan meningkatkan prestasi kerja pada guru di SMK Negeri Ihya’ Ulumudin Singojuruh Kabupaten Banyuwangi. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru SMK Negeri Ihya’ Ulumudin Singojuruh Kabupaten Banyuwangi. Populasi guru adalah 59 orang merupakan total keseluruhan guru yang terdaftar pada SMK Negeri Ihya’ Ulumudin tanggal 20 Mei 2011 sampai saat periode penelitian ini berlangsung pada bulan Agustus 2012. Penelitian ini menggunakan analisis jalur atau Path Analysis karena dengan analisis jalur dapat diketahui bagaimana jalur langsung maupun tidak langsung yang terbentuk dari variabel-variabel yang diteliti. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien jalur maka, bahwa total pengaruh variabel persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah (X ) terhadap prestasi kerja (Y) adalah sebesar 0,397 atau 39,7% dengan rincian pengaruh langsung sebesar 0,317 atau 31,7% dan pengaruh tidak langsung sebesar 0,080 atau 8%. Total pengaruh variabel iklim organisasi (X ) terhadap prestasi kerja (Y) adalah sebesar 0,455 atau 45,5% dengan rincian pengaruh langsung sebesar 0,370 atau 37% dan pengaruh tidak langsung sebesar 0,085 atau 8,5%. Sedangkan pengaruh variabel kedisiplinan (Z) terhadap variabel prestasi kerja (Y) adalah sebesar 0,221 atau 22,1%. Dapat diketahui bahwa pengaruh langsung persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah terhadap kedisiplinan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan, hal ini menunjukkan bahwa persepsi yang obyektif dari para guru tentang kepemimpinan kepala sekolah dapat memberikan dampak terhadap kedisiplinan guru. Sedangkan pengaruh iklim organisasi terhadap kedisiplinan guru juga mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan, hal ini karena iklim organisasi yang harmonis, terciptanya suasana kerja aman dan nyaman dapat mempengaruhi guru untuk bekerja lebih disiplin. Pengaruh langsung dari persepsi guru yang positif terhadap pemimpin dapat memberikan pengaruh yang positif pula terhadap prestasi kerja guru. Sedangkan pengaruh langsung iklim organisasi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi kerja, kondisi organisasi yang baik merupakan harapan dari seorang guru untuk bekerja lebih baik sehingga timbul upaya untuk memperbaiki prestasi kerjanya. Demikian juga pengaruh langsung kedisiplinan terhadap prestasi kerja memiliki pengaruh yang positif dan signifikan, para guru sadar bahwa dengan berperilaku disiplin dapat mengupayakan dirinya memiliki prestasi kerja yang lebih baik di dalam organisasi tersebut.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080810291026;
dc.subjectPrestasi Kerja Guruen_US
dc.titlePENGARUH PERSEPSI GURU TENTANG KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP KEDISIPLINAN DAN PRESTASI KERJA GURU DI SMK NEGERI IHYA’ ULUMUDIN SINGOJURUH KABUPATEN BANYUWANGIen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record