• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KEMAMPUAN MENGAJAR GURU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI (Siswa Kelas X SMAN Plus Sukowono Semester Gasal Tahun Pelajaran 2012/2013) SKRIPS

    Thumbnail
    View/Open
    Randi Wijayanto - 050210301246_1.pdf (300.5Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    I OLEH RANDI WIJAYANTO
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang kemampuan mengajar guru dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMAN Plus Sukowono semester gasal Tahun Pelajaran 2012/2013. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan variabel persepsi siswa tentang kemampuan mengajar guru terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi; (2) Terdapat pengaruh yang signifikan variabel motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi; (3) terdapat pengaruh yang signifikan variabel persepsi siswa tentang kemampuan mengajar guru dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi; (4) Nilai kontribusi variabel persepsi siswa tentang kemampuan mengajar guru sebesar 34,06% dan variabel motivasi belajar siswa sebesar 41,07%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4916
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15423]

    Related items

    Showing items related by title, author, creator and subject.

    • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas II SDN Sumbersari 02 Jember pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal tersebut dikarenakan sumber belajar yang digunakan masih sebatas pada buku teks dan gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan penggunaan lingkungan sebagai sumber belajar dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas II SDN Sumbersari 02 Jember; dan meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas II SDN Sumbersari 02 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016 setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar.Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas II yang berjumlah 27 siswa, yang terdiri atas 15 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah pembelajaran menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar meliputi kegiatan apersepsi, menjelaskan materi, pengamatan, contoh cara membuat karangan deskripsi, latihan menulis karangan deskripsi, dan presentasi. Skor rata-rata kemampuan menulis karangan deskripsi siswa secara klasikal menunjukkan peningkatan yang cukup baik. Pada siklus I persentase kemampuan menulis karangan deskripsi siswa sebesar 71,58% dan meningkat menjadi 78,84% pada siklus II. 

      Dwi Fitriyah; Suhartiningsih; Sihono (UNEJ, 2016)
      Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas II SDN Sumbersari 02 Jember pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal tersebut dikarenakan sumber belajar yang digunakan masih ...
    • PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL DENGAN MEDIA WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN SISWA (Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Pasar Siswa Kelas X-4 Semester ganjil di SMA Negeri Rambipuji Tahun Ajaran 2011/2012 ) PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL DENGAN MEDIA WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN SISWA (Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Pasar Siswa Kelas X-4 Semester ganjil di SMA Negeri Rambipuji Tahun Ajaran 2011/2012 ) PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL DENGAN MEDIA WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN SISWA (Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Pasar Siswa Kelas X-4 Semester ganjil di SMA Negeri Rambipuji Tahun Ajaran 2011/2012 ) 

      Silvia Agustin (2013-07-30)
      Aktivitas siswa dalam pembelajaran Ekonomi di SMA Negeri Rambipuji masih cukup memprihatinkan. Selain itu, pemahaman siswa pada mata pelajaran tersebut juga masih belum memenuhi standar yang ditetapkan ...
    • PERBEDAAN PERILAKU EKONOMIS SISWA DALAM MELAKSANAKAN AKTIVITAS KONSUMSI ANTARA SISWA YANG TINGGAL DI ASRAMA DENGAN SISWA YANG TIDAK DI ASRAMA (Studi Kasus Pada Siswa SMP Plus Darus Sholah Jember Tahun 2008/2009) 

      LUTFIAH ROHMATIN (2014-01-23)
      Perilaku ekonomis (khususnya dalam melaksanakan aktivitas konsumsi) perlu dimiliki oleh setiap orang, termasuk generasi muda utamanya pelajar/siswa. Salah satu faktor yang sangat mempengaruhi perilaku seseorang khususnya ...

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository